Kampus

Jurnal Cakrawala: Sabar! Kami Akan Terbit Akhir Tahun Ini!

“Jurnal Cakrawala sendiri merupakan suatu jurnal ilmiah yang dikhusukan untuk mempublikasikan karya-karya hasil penelitian, tradisi itu sudah lahir sejak LPIS (Lembaga Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial) tahun 70-80-an, bahkan sebelum FISKOM ini lahir,” tutur Drs. Daru Purnomo, M.Si. selaku penyunting pelaksana Jurnal Cakrawala menjelaskan beberapa pertanyaan dari kalangan mahasiswa FISKOM mengenai ‘keasingan’ yang terdapat pada daftar tagihan pembayaran kuliah di akun SIASAT seluruh mahasiswa FISKOM, yakni Jurnal Cakrawala.

Daru memberikan penjelasan bahwa Jurnal Cakrawala telah menjadi tradisi akademik sejak lama, meskipun sempat mati suri pada tahun 1997, namun pada akhirnya berhasil dihidupkan kembali pada tahun 2003 dan berjalan hingga saat ini.

“Jurnal Cakrawala ini juga bertujuan untuk mewadahi  hasil-hasil penelitian yang selama ini hanya berhenti di perpustakaan, tetapi dengan ini dicoba untuk di-publish supaya orang luar juga tahu keberadaan jurnal ini,” imbuh Daru.

Seperti yang tadi dikemukakan oleh Daru diatas bahwa Jurnal Cakrawala mempunyai konten-konten yang mengacu pada hasil-hasil penelitian ilmiah, tentunya jurnal ini memiliki sumber-sumber referensi penelitian ilmiah baik dari dosen, mahasiswa, maupun pihak-pihak luar yang concern untuk mempublikasikan karya tulis ilmiahnya. Namun Daru tetap menekankan bahwa sumber konten Jurnal Cakrawala tetap diprioritaskan pada karya tulis ilmiah dari dosen dan mahasiswa FISKOM, meskipun juga terbuka untuk pihak dari luar.

Berdasarkan keterangan yang diberikan Daru, sejak tahun 2010 pihak fakultas mengeluarkan kebijakan khusus untuk karya-karya ilmiah mahasiswa yang mendapat nilai A dan AB wajib dimuat kedalam Jurnal Cakrawala. Ia beralasan bahwa dengan adanya kebijakan tersebut maka akan terciptanya keberlanjutan tanggungjawab dari dosen pembimbing selaku pembimbing karya tulis ilmiah mahasiswa yang bersangkutan, sehingga tidak hanya berhenti sebatas pertanggungjawaban mahasiswa itu sendiri seperti yang terjadi apabila karya tulis ilmiah tersebut hanya beredar sebatas perpustakaan, melainkan juga akan tercipta tanggungjawab dan keberlanjutan bimbingan dari dosen pembimbing kepada mahasiswa.

“Jurnal Cakrawala terbit satu tahun dua kali, jadi ini mulai wajib bagi mahasiswa di semester ini tahun ajaran 2013/2014, sehingga nanti di bulan November atau Desember mahasiswa akan mendapatkan haknya untuk jurnal ini. Dalam satu tahun ada dua kali terbitan, bulan November atau Desember dan Juli atau Juni. Memang angkatan sebelum-sebelumnya belum diwajibkan untuk memiliki Jurnal Cakrawala.”

Menyaring Karya-Karya Tulis Ilmiah Demi Jurnal yang ‘Wah’

Redaksi penerbit Jurnal Cakrawala memiliki beberapa tahapan untuk menyaring masuknya karya-karya tulis ilmiah agar kualitas Jurnal Cakrawala yang akan diterbitkan nantinya benar-benar yang memenuhi standar yang dipatok oleh pihak penerbit fakultas.

Serupa dengan yang dikemukakan Daru diatas bahwa prioritas utama adalah karya tulis ilmiah yang mempunyai nilai A dan AB, setelah itu akan masuk kedalam tahapan reviewer atau yang bisa disebut penilaian pembaca dari ranah FISKOM hingga yang ada diluar pun turut menjadi penilai. Selanjutnya karya-karya tulis ilmiah yang dinilai layak oleh pembaca akan naik keatas meja redaksi untuk melalui proses editing dan pengaturan format yang sesuai dengan Jurnal Cakrawala.

“Saat ini kami sudah masuk kedalam tahap reviewer, sehingga kami berharap bulan Oktober atau November kami sudah mulai cetak,” terang Daru.

Daru mengharapkan bahwa dengan kehadiran Jurnal Cakrawala di seluruh kalangan mahasiswa FISKOM dapat membantu perkuliahan dan memberikan referensi dalam penulisan jurnal maupun karya tulis ilmiah serta dapat mendorong mahasiswa lebih berpikir kritis.

“Kami mengharapkan dari dosen agar perkuliahan mereka dapat membumi. Artinya apa yang dia sampaikan tidak hanya sekadar teori tetapi juga fakta-fakta dari hasil penelitian,” tuturnya ketika ditanya mengenai harapan dari kehadiran Jurnal Cakrawala yang akan datang. (Arya)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s