Kampus

Suasana Keceriaan Warnai Hari Pertama Live In fiskom 2014

Fakultas Ilmu Sosial dan Komunikasi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga mengadakan kegiatan Live – in dalam rangkaian kegiatan pelatihan pembuatan karya ilmiah di desa Glawan, Salatiga pada tanggal 17 – 19 Januari 2014.

Di hari pertama kegiatan Live in, para peserta yang berjumlah 12 orang tersebut datang di balai  Desa Gelawan sekitar pukul 8 pagi dan disambut oleh Bapak Joni Wiranto selaku kepala Desa dan beberapa perangkat desa lainya.

Acara diawali oleh sambutan Kepala desa selaku perwakilan dari masyarakat Glawan. Dalam sambutanya, kepala desa Gelawan mengucapakan selamat datang kepada para peserta dan panitia live-in dan berharap acara live in kali ini berjalan lancar. “kami semua juga berharap para peserta juga dapat berbaur dengan masyarakat desa Glawan”. Tambahnya.

Image

Peserta Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dan Live In melaksanakan kegiatan di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) KB Melati 3 Desa Glawan. (Foto oleh: Bima Satria Putra)

Steering Comitee, Dear Silvia Carolina Manutede dalam sambutanya juga mengungkapkan, bahwa tujuan dari kegiatan Live in kali ini adalah agar para peserta dapat mempelajari kehidupan sosial masyarakat yang beranekaragaman. “semoga dengan live in ini dapat memberi pengaruh psitif bagi masyarakat desa glawan.” Tutur mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Komunikasi angkaran 2012 tersebut.

Berbagi kegembiran bersama anak-anak PAUD

Setelah acara penyambutan usai, para peserta diajak untuk mengikuti kegiatan di sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) KB Melati III Desa Glawan. Para peserta Live in terlihat antusias mengikuti acara tersebut. Para peserta diajak bernyanyi bersama, menghibur anak-anak PAUD, dan belajar bersama. Pada akhir kegiatan, para peserta dan siswa-siswa paud diajak berkeliling di sekitar kampung desa Gelawan.

Calvin Castaneda Satyarahardja, salah satu peserta live in, mengungkapkan kepada Lentera tentang kesannya saat mengikuti kegiatan di PAUD. “ acaranya seru, anak-anaknya pada rame, semangat. Dan anak-anak itu ga pernah mengeluh  ” ujar mahasiswa Fiskom 2013 tersebut.

Salah satu peserta live in yang lain, Devina Nathania, juga mengungkapkan kesan selama mengikuti anak-anak  di Paud. “perasaan nya seneng, bisa berbagi keceriaan sama anak-anak PAUD disini”, Tutur Mahasiswa Fiskom angkatan 2013 tersebut.

Setelah kegiatan di Paud, para peserta Live in dibagi beberapa kelompok untuk menempati rumah-rumah penduduk yang sudah dipersiapkan. Menurut Bagus Trianggono, selaku ketua panitia Live in 2013, sudah disiapkan enam rumah warga yang ditempati selama live in berlangsung.  “Untuk Total semua Peserta yang ikut, termasuk  duabelas Panitia,satu TO dan satu SC berjumlah dua puluh enam orang, dibagi menjadi enam kelompok di enam rumah penduduk yang tersebar di empat dusun berbeda, yakni Randusari, Krajan, Wonogaten, dan Semari. Untuk setiap rumah berisi sekitar empat sampai lima  orang peserta.” Tuturnya.

Malam Hari nya, para peserta akan diajak untuk berdiskusi bersama.“Untuk diskusi nantinya para peserta diajak untuk merefleksikan apa saja kegiatan yang telah dilakukan bersama masyarakat selama hari pertama Live in berlangsung.” Ujar Bagus Trianggono, Ketua Panitia Live in fiskom 2013 tersebut. (Robertus Adi Nugroho)

Editor : Jeliana Gabrella Seilatuw

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s