Kampus

Peserta Live In Lakukan Observasi Lapangan

Image

Ir. Royke Robert Siahainania, M.Si, Dosen Fakultas Ilmu Sosial Dan Komunikasi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga memberikan pengarahan kepada peserta Live In di balai desa Gelawan, kecamatan Pabelan, Salatiga (foto oleh : Bima Satia Putra)

Kegiatan Live in dalam rangkaian kegiatan pelatihan pembuatan karya ilmiah yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Satya Wacana (FISKOM UKSW) Salatiga di Desa Gelawan, Kecamatan Pabelan, Salatiga  telah memasuki hari kedua, Sabtu (18/1).

Kegiatan  pada hari kedua ini memiliki agenda utama, yaitu peserta pelatihan melakukan kegiatan observasi di empat dusun di Lingkungan Desa Gelawan.

Kegatan observasi tersebut diawali dengan pembekalan materi oleh Ir. Royke Robert Siahainania, M.Si dosen FISKOM UKSW Salatiga. Dosen yang akrab disapa Om Roy tersebut memberikan materi berupa cara-cara dan metode melakukan Observasi di lingkungan sosial masyarakat. “Melakukan observasi bukan hanya sekedar membuat penelitian semata, namun juga memberi solusi dari permasalahan di dalam masyarakat itu sendiri,” tuturnya saat sesi pembekalan berlangsung.

setelah pembekalan usai, semua peserta Live In dibagi menjadi empat kelompok untuk melakukan observasi lapangan.  Masing-masing kelompok melakukan observasi di empat dusun yang berbeda, yakni dusun krajan, Wonogaten, Randusari, dan Semari. Mereka melakukan observasi dengan aspek yang berbeda-beda, diantaranya aspek kesehatan, ekonomi, pendidikan, dan lembaga sosial masyarakat.

Pada pukul empat sore, keempat kelompok tersebut dikumpulkan kembali untuk sharing dan melaporkan hasil observasi yang telah mereka lakukan. Mereka juga saling berdiskusi dan tanya jawab antar kelompok.

Malam harinya, warga sekitar desa Gelawan diundang untuk menonton film bersama di balai desa.  Para warga berserta anak-anak sudah mulai berdatangan ke balai desa sejak pukul 7 malam.  Mereka semua terlihat antusias menonton film “Laskar Pelangi” yang diputar oleh panitia. Disusul pembagian doorprize yang ikut memeriahkan suasana keakraban para warga masyarakat dan mahasiswa peserta Live in.(Robertus Adi Nugroho)

Editor : Jeliana Gabrella Seilatuw

Iklan

2 thoughts on “Peserta Live In Lakukan Observasi Lapangan

  1. Maaf, saya mau tanya. Apakah berita ini sudah diedit? Saya baca, masih terdapat pengulangan makna dan kata. Alur berita dan redaksional pun masih berantakan.
    Untuk editor, apa yakin berita ini layak dipublish?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s