Opini

Fakultas Krisis “Mahasiswa Kritis”

Fakultas Krisis

Fiskom, seharusnya terdiri dari kumpulan mahasiswa sosial yang kritis dan keras kepala. Mereka yang berani beradu argumentasi yang sehat dan bertanggung jawab, serta berani mengkritisi kebijakan para pembuat keputusan.

Sekarang untuk mencari ketua senat sangat susah. Open forum dan diskusi penjaringan aspirasi yang sepi, dan mahasiswa yang apatis dengan organisasi kemahasiswaan.

Coba tengok Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), mereka memiliki empat calon ketua Senat Mahasiswa Fakultas. Satu calon merupakan utusan prodi, satu calon rekomendasi LK, dan dua orang yang mengajukan diri.

Bagaimana dengan Fiskom? Menghabiskan dua minggu yang gagal, dan tambahan dua minggu lagi untuk mencari ketua senat. Mereka harus dipecut agar berani maju kedepan. Entah apakah itu karena persyaratan yang tidak dapat dipenuhi, atau karena informasi yang kurang disebarluaskan.

Lain fakultas, lain pula universitas. Secara tidak langsung kampus ini sedang terlihat gejala-gejala penyakit yang sama dengan fakultas kita. LLKM tahun ini hanya diadakan 1 gelombang dengan jumlah peserta hanya mencapai 18 orang mahasiswa. Ada sekitar 13.000 ribu lebih mahasiswa UKSW, dan jumlah peserta tersebut bahkan tidak mencapai 1% total jumlah keseluruhan mahasiswa!

Saya pernah berdiskusi dengan seorang senior yang mengatakan bahwa universitas ini sedang “krisis kepemimpinan”. Kata itu terngiang dalam pikiran saya. “krisis kepemimpinan” itu benar adanya untuk menggambarkan kondisi kehidupan bermahasiswa di kampus ini. Sangat disayangkan bagi kita, mahasiswa yang katanya dijuluki “kaum intelektual.”

Penulis : Bima Satria Putra

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s