Bincang

Aaron Yang E.M.O.S.I.

Aaron Cartoon

oleh Bima Satria Putra

Jumat (10/07) di Student Center (SC) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) dilaksanakan sidang terbuka pemilihan ketua Senat Mahasiswa UKSW 2014-2015. Disusul sidang tertutup yang dilaksanakan pukul 17.00 WIB di gedung G UKSW. Berbeda dari sidang pemilihan pada tahun-tahun sebelumnya, kali ini hanya ada satu calon yang terdaftar menjadi ketua senat mahasiswa UKSW, Hardiono Aaron Daud Unas.

Aaron sebelumnya merupakan Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) 2013-2014. Pada rapat evaluasi LK UKSW 2013-2014 (13-15/06) di Wisma Baptis Bukit Soka, Aaron merupakan salah satu fungsionaris UKSW yang mengkritisi pengoreksian proposal dan laporan yang masuk ke SMU. Aaron juga membuat heboh rapat evaluasi tersebut karena aksi walkoutnya memprotes Badan Perwakilan Mahasiswa Universitas (BPMU) yang terkesan melakukan pembiaran terhadap fungsionaris LKF yang tidak mengikuti rapat.

Sabtu (11/07) siang pekan lalu, Aaron tengah sibuk berbicara dengan Oscar Paulus Parlaungan Karwur, Ketua Umum Senat Mahasiswa UKSW 2013-2014, sebelum Lentera kemudian meminta kesempatan untuk mewawancarai Aaron, ketua senat mahasiswa UKSW yang baru di gedung O Lembaga Kemahasiswaan.

***

Kemarin Aaron tidak berencana untuk melanjutkan pelayanan di LK, apa yang merubah pemikiran Aaron untuk kembali bergabung di LK?

Saya memutuskan untuk tidak lanjut itu benar. Tapi karena banyak dorongan, dan bagaimana sikap kritis saya kepada LKU (Lembaga Kemahasiswaan Universitas – red) pada rapat evaluasi, saya tidak perlu hanya ngomong tapi juga bertindak . Saya juga maju karena saya merasa punya kemampuan, kapabilitas untuk itu. Saya akan melanjutkan perjuangan selama ini di FEB, dan saya teruskan ditaraf universitas. Dan ketika saya berada diposisi ini, saya tidak hanya bertanggungjawab kepada mahasiswa saja, tapi juga kepada Tuhan

Bagaimana dengan kebijakan koreksi proposal dan laporan yang masuk pada periode Aaron nanti?

Itu akan saya bicarakan dengan sekretaris, dan BPH (Badan Pengurus Harian – red). Tapi saya sudah berpikir, saya tidak akan menghilangkan resiko tersebut seratus persen. Ada yang sudah saya pikirkan untuk itu selama periode ini.

Waktu orasi, Aaron sempat membahas almamater sebagai identitas mahasiswa, bagaimana Aaron menjelaskannya?

Waktu itu saya studi komparatif di Surabaya, saya menggulung almamater dan kemudian ketua BEM disana bertanya, di sana (UKSW – red) boleh menggulung almamater? Ternyata disana tidak boleh dan dimarahin. Kemudian di Malang, saya bertanya apakah almamater disini boleh digulung atau tidak? Kemudian Presiden Mahasiswa disana marah. Kemudian ada lagi kunjungan FEB dari Semarang datang ke Salatiga, waktu mereka makan, mereka serentak melepas almamater mereka. Kemudian saya pulang dan mengkoordinasikan dengan Korbidkem saya. Saya kemudian mengeluarkan nota FEB, karena di KUKM jelas bahwa almamater itu merupakan identitas mahasiswa dan kita harus menjaganya. Di UKSW, LK kita memiliki perbedaan lain dengan LK dari universitas lain. LK Kita sangat membanggakan nilai-nilai Satya Wacana, tetapi kenapa komponen-komponen kecil seperti itu tidak kita perhatikan.

Beberapa mahasiswa mengatakan kalau Aaron temperamen dan keras, tanggapan Aaron?

Emosi gitu ya? Itu enggak salah juga. Tapi menurut saya, saya punya komponennya untuk itu. E adalah empathy, seorang pemimpin itu harus memiliki empati bukan simpati. Kemudian M adalah mind atau mine. Seperti lagunya Michael Buble yang Always on My Mind, dan lagunya Petra Sihombing yang Mine. Sementara O adalah objective, dimana ketua itu tidak boleh subjektif. Kemudian S adalah smart, jadi pemimpin itu harus berpikiran smart. Dan I yang terakhir adalah integrity atau pemimpin yang berintegritas. Selama pengabdian di LK, Integritas disini tidak hanya memberikan waktu dan tenaga, tetapi lebih dari itu. Jadi saya emosi itu juga ada alasannya.

Apakah ada program kerja khusus periode depan?

Program kerja khusus pasti ada, dengan mempertimbangkan Skenario Pola Pengembangan Mahasiswa dan GBHPLK (Garis Besar Haluan Pelaksanaan Lembaga Kemahasiswaan- red) dan mengkoordinasikan dengan ketua bidang nanti.

Agenda Aaron kedepan apa saja?

Saya sedang fokus untuk membentuk ke kabinet. Saya juga membuka kuping ini untuk mendengar saran-saran dari fakultas. Saya juga sedang mencari kader-kader di fakultas dan akan dikombinasikan dengan kader-kader dari SMU (Senat Mahasiswa Universitas – red). ▪

Tinggalkan Balasan

