Kampus

Perwakilan Sosiologi Kemana?

Perwakilan Sosiologi Kemana

oleh Alexio Robertus Cesar R. N.

Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi (Fiskom) saat ini sedang terjadi kekosongan utusan dari sosiologi. Anlia Yisca Kristia ketua BPMF Fiskom 2013-2014 mengatakan “untuk sosiologi ada, tapi hanya 1, Itu pun sedang dikampung halaman. Jadi untuk saat ini sama sekali tidak ada perwakilan sosiologi di BPMF.”

Utusan sosiologi yang sedang pulang kampung tersebut adalah Gilbert Fakdawer dari angkatan 2013. Sementara utusan lain yang mewakili Sosiologi, Malinton Tampubolon dari angkatan 2012, sekarang diutus ke Badan Perwakilan Mahasiswa Universitas (BPMU). Sosiologi sekarang benar-benar kehilangan perwakilannya.

Yisca berpendapat bahwa penyebab sosiologi tidak berpartisipasi di BPMF dikarenakan penjangkauan dalam menarik mahasiswa sosiologi pada periode lalu dirasa kurang maksimal. Dia menuturkan bahwa periode lalu BPMF membentuk konvokator, dimana yang bertugas dalam menarik para utusan dari setiap program studi (Progdi). Namun dikarenakan sosiolisasi dalam perekrutan masih kurang. Dalam periode kali ini, konvokator akan mencoba untuk menarik para utusan dari setiap progdi lagi.

BPMF kurang diminati karena menurutnya beberapa mahasiswa Fiskom masih malu-malu kucing. Pihaknya pun mengakui bahwa pengenalan terhadap mahasiswa Fiskom masih kurang. Maka Yisca akan lebih giat lagi dalam mensosialisasi ke pada para mahasiswa pada periode jabatannya kali ini.

Yisca juga menegaskan bahwa ketidakikutsertaan dari progdi akan membuat progdi kehilangan koneksi dengan BPMF. Dimana mahasiswa akan kehilangan tempat untuk menuangkan aspirasi mereka. Dan apabila mereka mendapat masalah advokasi, mereka akan bingung dalam mengatasinya. Tentunya akan kehilangan banyak penjaringan advokasi itu sudah hal pasti.

“Saya mensiasati hal ini dengan meminta lagi utusan dari progdi sosiologi untuk berperan di BPMF. Hal ini masih bentuk rekomendasi” tutur Yisca.

Berbeda dengan Senat Mahasiswa Fakultas (SMF) yang dapat membuka bursa pendaftaran, BPMF hanya dapat menerima utusan dari angkatan seperti yang tertulis dalam KUKM pasal 60 poin ke 3. Bagi fakultas yang tidak dapat mengutus perwakilan mahasiswa di BPMF melalui angkatan, maka pengutusan perwakilan mahasiswa di BPMF dimungkinkan melalui Himpunan Mahasiswa Program Studi(HMP). Sayangnya, Fiskom sendiri belum ada HMP, sehingga satu-satunya cara adalah dengan menerima utusan dari angkatan.

Dan satu masalah lagi, masih banyak dari mahasiswa Sosiologi terutama 2013 yang belum mengikuti Orientasi Mahasiswa Baru (OMB), yang tentu saja belum dapat mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM), dan tidak memenuhi syarat-syarat fungsionaris BPMF. ▪

Iklan

One thought on “Perwakilan Sosiologi Kemana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s