Kampus

Perpustakaan “Tak Tampak”

Perpustakaan Tak Tampak - Gabriella

oleh Alexio Alberto Cesar R. N.

Mungkin beberapa mahasiswa belum begitu tahu bahwa sebenarnya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi (Fiskom) terdapat perpustakaan. Perpustakaan ini sebenarnya bernama Ruang Sumber yang diletakkan di ruang tata usaha (TU).

Yosua Depi Jari, petugas Administrasi Buku Fakultas, mengatakan bahwa Ruang Sumber dapat membantu mahasiswa menyelesaikan tugas kuliahnya. Adanya Ruang Sumber ini diharap memberi kemudahan bagi mahasiswa Fiskom yang apabila tidak mendapatkan buku di perpustakaan universitas, mereka bisa mendapatkannya di Ruang Sumber.

“Peminjaman buku dapat dilakukan dengan datang dan menyampaikannya ke sekretariat,” ujar Depi.

 

Ruang Sumber di Fiskom untuk saat ini memiliki beberapa buku referensi, seperti ilmu sosiologi dan ilmu komunikasi. Namun untuk referensi buku-buku Hubungan Internasional (HI) belum ada yang masuk. Dikarenakan program studi (progdi) HI masih baru berdiri, sehingga belum ada buku-buku yang masuk.

“Beberapa buku juga  berasal dari karya ilmiah dosen-dosen Fiskom. Dimana mereka membuat karya ilmiah untuk mengembangkan karier dosen tersebut,” tutur Depi.

Depi menegaskan bahwa buku seperti skripsi dan karya ilmiah tidak boleh dibawa pulang. Mahasiswa  hanya diizinkan menggunakannya di Ruang Sumber saja. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga buku-buku yang dirasa penting agar tidak rusak atau hilang.

Namun sangat disayangkan beberapa mahasiswa Fiskom masih tidak tahu keberadaan Ruang Sumber. Puguh Pristiwanuji, salah satu fungsionaris Senat Mahasiswa Fiskom, mengatakan bahwa dirinya tidak mengetahui adanya Ruang Sumber di TU. “Selama ini tidak tahu ada perpustakaan fakultas, ditambah tidak ada sosialisasi mengenai perpustakaan di fakultas,” tutur Puguh.

Depi juga berpendapat bahwa mahasiswa mungkin berpikir bahwa barang-barang di TU sudah lama. Di mana lemari penyimpanan buku-buku sudah tampak kusam. Menurut Depi, mahasiswa kurang inisiatif untuk menanyakan apa fungsi dari almari yang berada di TU. Mahasiswa hanya lewat-lewat saja sehingga tidak menyadari adanya Ruang Sumber.

Ruang Sumber diadakan untuk para mahasiswa Fiskom yang membutuhkan bahan referensi untuk mengerjakan tugas.  Jadi, gunakanlah Ruang Sumber dengan sebaik-baiknya untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas kita. ▪

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s