Uncategorized

Perwujudan Harapan Mahasiswa Baru

oleh Chikitta Carnelian

Mahasiswa baru Fiskom (Fakultas Ilmu Sosial dan Komunikasi) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) tahun 2014 mengalami peningkatan sekitar 50 mahasiswa. Pada tahun 2013 jumlah mahasiswa baru adalah 180 dan tahun ini menjadi 240. Timbul beberapa pertanyaan di benak kami, mengapa jumlah mahasiswa baru Fiskom menambah?

Beberapa mahasiswa Fiskom sempat menyesali beberapa sistem perkuliahan yang ada dan mereka kemukakan di dalam open forum fakultas. Tidak dipungkiri segala hal tidaklah sempurna, dan tidak dipungkiri pula bahwa berbagai hal memiliki daya tarik. Banyak hal yang menjadi daya tarik Fiskom dan disini saya akan menuliskan bebrapa hal yang dikemukakan mahasiswa baru.

Sidik Pramono, Mahasiswa baru Sosiologi mengutarakan kepercayaannya pada Fiskom UKSW. Ketika ditanya mengapa, dia mengatakan bahwa dia memang asli Salatiga, dan karena satu dua hal yang perlu dipertimbangkan dalam keluarga maka dia memilih UKSW. Namun dia memilih prodi Sosiologi dikarenakan betapa besarnya dia ingin mengabdi pada masyarakat, dan Sosiologi UKSW dikenal dengan kedekatannya dalam mengabdi di masyarakat.

Lain lagi dengan Gabrielle Josephine Rotti dari prodi Komunikasi. Salah satu alasan dia datang dari Tangerang ke Salatiga adalah untuk mencoba suasana baru, dengan kehidupan kota kecil Salatiga. Tak lupa juga, kakak Gabrielle juga berkuliah di Komunikasi UKSW. “Kakak saya mengatakan Fiskom bagus ya saya percaya saja, karena yang bilang kakak saya sendiri.” Dia berharap untuk dapat bersaing dengan baik dan cukup mudah di Fiskom. “Dan nama UKSW itu ya sudah terkenallah,” tambahnya.

Ni Kadek Anggun Dias Purnama Sari, mahasiswi baru Hubungan Internasional dari Bali mengutarakan dia lebih memilih Hubungan Internasional (HI) UKSW dikarenakan keunggulan bahasanya. Karena pada saat di Bali, HI yang dia tuju belum full English, sedangkan HI UKSW dinyatakan sudah full English. Anggun dan keluargapun menaruh kepercayaan makin besar ketika kerabat keluarga menyatakan putra-putri mereka berkuliah di UKSW, Salatiga.

Saya pribadi sungguh bangga dengan peningkatan jumlah mahasiswa ini. Ekspektasi mereka mengenai fakultas tercinta ini sungguh sangat baik. Yang kini bisa saya tegaskan adalah bagaimana fakultas dan tenaga pengajar dapat mewujudkan harapan yang telah dinyatakan oleh mahasiswa-mahasiswi baru ini. Alangkah baiknya bagi kita semua bila fakultas tidak mengecewakan mereka. Teruslah semangat juga dalam belajar dan mengembangkan fakultas kita, hal ini berlaku bagi semua sivitas Fiskom UKSW. Baik mahasiswa lama maupun baru. Citra dan pencapaian fakultas yang baik adalah berkat bagi kita semua.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s