Kampus

Fiskom Persiapkan Lab Terpadu

Lab Terpadu Fiskom di lantai 6 Perpustakaan UKSW.

Lab Terpadu Fiskom di lantai 6 Perpustakaan UKSW.

Laboratorium (Lab) Terpadu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi (Fiskom) yang berada di perpustakaan lantai 6 hingga saat ini masih dalam proses. Meski demikian, Lab Terpadu Fiskom sudah dapat digunakan. “Semester kemarin saya sudah menggunakannya untuk mata kuliah Tata Cahaya dan Artistik” ujar Sih Natalia Sukmi, Kepala Laboratorium Fiskom yang akrab disapa Mbak Nat ini pada Selasa (02/09). Laboratorium terpadu sudah direncanakan sejak program studi komunikasi terbentuk pada 2004.

Belakangan ini Mbak Nat sedang mempersiapkan suatu sistem baru untuk menjalankan laboratorium terpadu. Mbak Nat sendiri masih sangat membutuhkan masukan dari dosen-dosen Fiskom lainnya. Ia juga menjelaskan bahwa biaya pembangunan Lab Terpadu Fiskom telah menghabiskan biaya 2 milyar dan itu merupakan angka yang wajar menurutnya, untuk ukuran sebuah Lab Terpadu. “Saat ini saya sedang menyusun proposal investasi ke Universitas untuk pengadaan alat,” tambahnya.

Dijadikan Center of Media

Lab Terpadu ini berisikan lab video, televisi, radio, jurnalistik, fotografi, dan presentasi, yang dirancang untuk mengembangkan kemampuaan mahasiswa dalam setiap bidang yang diambil.

Masih menurut Mbak Nat, tujuan Lab Terpadu tersebut dibangun sebenarnya tidak hanya untuk mahasiswa saja, tapi juga untuk menjadikan Fiskom sebagai center of media, atau menjadikan Fiskom sebagai pengembangkan sebuah usaha yang akan dilakukan mahasiswa Fiskom dengan menyediakan jasa penyewaan, produksi film, dan tempat pembelajaran yang dibutuhkan melalui lab terpadu tersebut. Fiskom melihat peluang karena di Salatiga sendiri belum ada center of media dengan target daerah kota Salatiga dan sekitarnya.

Achmad Fatkur Rahman, Mahasiswa Komunikasi menilai bahwa Lab Terpadu belum begitu siap, meski demikian ia cukup optimis. “Sebab nanti kita bisa belajar, sudah ada alat dan tempat, mudahlah,” ujarnya.

Reporter : Arista Ayu Nanda, Bima Satria Putra
Editor     : Ridwan Nur Martien

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s