Kampus

Komunikasi Rencana Tambah Dosen Baru

Mahasiswa Ilmu Komunikasi saat Wali Studi Day. (Foto Dokumentasi Fiskom)

Mahasiswa Ilmu Komunikasi saat Wali Studi Day. (Foto Dokumentasi Fiskom)

Mengantisipasi meningkatnya jumlah mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi (Fiskom), Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi rencana menambah dosen dari luar. Hingga semester pendek kemarin, dosen tetap di prodi Ilmu Komunikasi berjumlah tujuh orang, sementara dosen luar berjumlah sembilan orang. Dosen tersebut harus melayani lebih dari 400 mahasiswa Ilmu Komunikasi.

Dewi Kartika Sari, Kepala Program Studi (Kaprodi) Ilmu Komunikasi atau yang akrab disapa Mbak Dewi, mengatakan bahwa jumlah dosen dan mahasiswa ini sangat tidak berimbang. “Waktu kemarin akreditasi, masukan aksesor dari Ditjen Dikti (Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi-red), menilai bahwa jumlah dosen dan mahasiswa sangat tidak seimbang,” ujar Mbak Dewi, Kamis (28/08).

Mbak Dewi menjelaskan bahwa 1 dosen banding 40 mahasiswa merupakan jumlah yang ideal untuk melayani mahasiswa. Mengingat dulu John Lahade pernah mengampu 11 kelas, maka Mbak Dewi membuat kebijakan agar dosen komunikasi tidak mengampu terlalu banyak kelas untuk semester ganjil besok. “Saya membatasi mereka (dosen-red) tidak sampai sebelas kelas,”  tambahnya.  Mbak  Dewi   mengusulkan untuk menambah dua dosen untuk tahun ajaran 2015-2016. “Saya harapkan (dua dosen diatas-red) menjadi dosen tetap, tapi kita harus melalui tahapan, jika dievaluasi mahasiswa bagus, maka akan diangkat” ujarnya. Mbak Dewi merencanakan penambahan dosen terutama untuk praktisi Periklanan (Advertising) dan Penyiaran (Broadcasting).

Edo Desfri Miraj, Mahasiswa Komunikasi Fiskom berpendapat bahwa adanya rencana penambahan dosen tersebut akan membuat kelas menjadi lebih efektif. “Apalagi jika dosennya bagus dan sesuai dengan jurusannya,” ujarnya (04/09). (Bima Satria Putra Ed. Alexio Alberto Cesar)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s