Salatiga

Warga Jurang Gunting Tolak Boiler Damatex

Yo

Sejumlah warga Jurang Gunting melakukan aksi penolakan di depan kantor kecamatan Argomulyo, Kamis (18/9) Foto : Alexio Alberto Cesar

y

Dua warga Jurang Gunting melakukan aksi teatrikal tolak pembangunan boiler PT. Damatex.

Salatiga- Warga Jurang Gunting Rukun Warga (RW) 05, Kelurahan Ledok, Kecamatan Argomulyo, Salatiga, melakukan aksi penolakan di depan kantor kelurahan Argomulyo, Kamis (18/9). Warga Jurang Gunting menolak pembangunan cerobong boiler batubara PT. Damatex-Timatex Salatiga yang berdekatan dengan pemukiman warga. Selain itu warga juga menuntut pihak PT Damatex- Timatex untuk memindahkan lokasi pembangunan cerobong boiler batubara tersebut ke area yang jauh, minimal 500 meter dari pemukiman warga Jurang Gunting.

Aksi Penolakan dilakukan warga karena melihat bahwa hasil limbah pengolahan boiler batubara, dapat menyebabkan gangguan kesehatan bagi warga RW 05, Jurang Gunting. “Ini yang ketiga kalinya kami demo, kami harap ini untuk terakhir kalinya. Kalau pabrik Damatex masih ngeyel, kami akan terus berdemo,” ujar Rukidi selaku Koordinator Lapangan.

Rukidi juga menegaskan bahwa warga Jurang Gunting menolak kompensasi apapun yang bertujuan untuk meloloskan pembangunan cerobong boiler batubara PT. Damatex-Timatex Salatiga. “Kita warga tidak menolak pembangunan, tetapi jangan disitu, karena banyak anak-anak” ujar Rukidi.

Ketika proses mediasi berlangsung antara warga dengan pihak pabrik Damatex, warga berteriak-teriak dan mengakibatkan situasi menjadi tidak kondusif, hal ini menyebabkan keputusan mediasi ditunda.

(A. A. Cesar Rogerio Nessi, Ed. Bima Satria Putra)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s