Kampus

Prodi HI Siapkan Kunjungan Studi Ke Hongkong

IMG_7176

Dosen Hubungan Internasional, Sri Suwartiningsih dan Flavian De Melsasail pada saat penjelasan Wali Studi Day. (Foto : Dokumentasi Fiskom)

 

Program Studi Hubungan Internasional (prodi HI) Fiskom UKSW sedang bersiap untuk menyelenggarakan kunjungan studi ke Hong Kong pada Mei 2015 mendatang. Kunjungan studi ke luar negeri tersebut wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa prodi HI angkatan 2013 sebagai prasyarat magang. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari gaftar alir kurikulum prodi HI Fiskom UKSW. Hal tersebut dikemukakan oleh Ir. Sri Suwartiningsih, Kepala Program Studi (Kaprodi) HI Fiskom UKSW.

Sri menjelaskan bahwa kunjungan studi ini secara umum bertujuan untuk membentuk lulusan prodi HI agar tidak hanya memiliki pengetahuan teoritis dan substantif HI saja, tetapi juga menguasai kode etik, softskil, dan attitude dalam pergaulan internasional. Karena nantinya lulusan prodi HI tersebut akan menjadi duta-duta bangsa jika kelak mereka memilih karir menjadi diplomat di Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI.

“Kunjungan studi ke luar negeri ini sekaligus juga menjadi nilai plus atau daya tawar yang akan dimiliki oleh lulusan prodi HI Fiskom UKSW” terang Sri.

Sri menjelaskan bahwa Hong Kong dipilih menjadi destinasi kunjungan studi karena Konsulat Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) untuk Hong Kong menyatakan kesediaannya memberi ruang bagi Fiskom UKSW untuk melakukan kunjungan studi ke Hong Kong.  Selain itu, Hong Kong juga dipilih karena memiliki dinamika hubungan bilateral yang kompleks dengan Indonesia, dimana terdapat ribuan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja disana. Sri berupaya agar mahasiswa peserta kunjungan studi nantinya dapat belajar banyak dari staff Kedutaan Besar RI (KBRI) di Hong Kong mengenai dinamika hubungan bilateral tersebut dan banyak hal lainnya yang terkait lapangan studi HI.

Rencananya kunjungan studi ini akan dilaksanakan selama empat hari, dengan mengunjungi KBRI untuk mengikuti kuliah umum, ke University of Hongkong untuk studi banding, ke Victoria Park untuk berinteraksi dengan para TKI, dan ke tempat-tempat lain terutama lembaga-lembaga RI di Hong Kong

Koordinator angkatan prodi HI 2013, Umbu Walangara, menyatakan bahwa kunjungan studi ke Hong Kong ini merupakan suatu kesempatan langka yang tak boleh disia-siakan oleh mahasiswa HI. Meski demikian, menurutnya  ada suatu kendala yang dihadapi oleh sebagian teman-teman mahasiswanya.

“Secara pribadi saya menyambut baik rencana kunjungan studi ke Hong Kong ini. Tapi memang tidak bisa kita pungkiri bahwa ada sebagian teman-teman yang berpotensi terkendala masalah finansial. Karena kunjungan studi ini untuk per orangnya membutuhkan biaya setidaknya lima belas juta rupiah” ujar Umbu.

Disinggung mengenai persoalan tersebut, Sri menegaskan bahwa fakultas telah menerapkan suatu cara agar seluruh mahasiswa HI angkatan 2013 dapat ikut dalam kunjungan studi ke Hong Kong ini. Upaya yang telah Sri lakukan bersama dengan pengajar HI lainnya antara lain dengan mensosialisasikan pada masing-masing orang tua mahasiswa perihal kunjungan studi ini sejak jauh-jauh hari, yakni sejak januari 2014 lalu. Diharapkan dari sosialisasi tersebut, para orang tua mahasiswa dapat mengatur keuangannya dengan baik sehingga dapat membiayai putra-putri mereka menjelang pelaksanaan kunjungan studi. Selain itu, Sri dan para pengajar di prodi HI juga terus berusaha untuk menekan biaya akomodasi dan transportasi dengan mencari agen perjalanan yang paling efiesien.

“Biaya sebesar lima belas juta rupiah itu masih rancangan anggaran standar maksimal. Jika nanti saat pelaksanaan kunjungan studi bisa lebih murah, maka sisanya jadi cashback untuk mahasiswa. Semoga nanti rupiah juga bisa menguat sehingga biayanya bisa lebih murah”  ungkap Sri. (Ridwan Nur Martien, ed. Bima Satria Putra)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s