Kampus

Dua Mahasiswa Fiskom Ikuti Duta Wisata 2014

Indrajaya Sartono dan Gusi Ayu Putri, Juara Mas & Mbak Wisata Salatiga 2014. (Foto : Setyaji Rizki Utomo)

Indrajaya Sartono dan Gusi Ayu Putri, Juara Mas & Mbak Wisata Salatiga 2014. (Foto : Setyaji Rizki Utomo)

Jumat (26/9), dua mahasiswi Fiskom UKSW, Diana Andani (2012) dan Chikitta Carnelian (2013) mengikuti Grand Final Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kota Salatiga 2014, yang diselelenggarakan oleh Dinas Perhubungan, Komunikasi, Kebudayaan, dan Pariwisata (Dishubkombudapar)  di Gedung Pertemuan Daerah (GPD) kota Salatiga.

Ketika ditemui disela-sela acara, Chikitta mengaku memiliki kesan saat mengikuti proses pemilihan Duta Wisata 2014. “Awalnya saya agak pesimis, tetapi dengan berjalannya waktu saya menemukan 37 teman baru, yang paling mengesankan adalah rasa persaudaraan disini yang menyenangkan buat saya,” ujarnya.

Dilain tempat, Diana mengungkapakan kesannya saat mengikuti ajang ini. “Tentunya di sini saya mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman yang baru, selain itu juga banyak teman baru, dan saya sangat bangga bisa ikut serta diajang ini,” jelasnya sambil tersenyum.

Diana pun berandai-andai jika terpilih menjadi Duta Wisata kota Salatiga 2014. “Saya akan membuat program untuk mempromosikan sejarah kota Salatiga seperti Prasasti Batu Plumpungan yang belum banyak diketahui oleh banyak orang,” Ujar Diana.

Chordia Putri mahasiswi Fiskom 2012 yang tahun lalu menyabet penghargaan sebagai Mbak Duta Wisata kota Salatiga 2013 Wakil I, mengatakan, “Disini saya mendapat pengalaman dan wawasan yang luas, dan saya bangga karena dipercaya pemerintah untuk menjadi Duta Wisata Salatiga.”

Setelah melalui rangkaian acara grand final akhirnya Chikitta menyabet penghargaan sebagai Mbak Persahabatan 2014. Kategori ini merupakan hasil pilihan dari 37 finalis. ”Senang sekali karena ini seperti yang saya harapkan dan artinya saya disambut baik oleh teman-teman duta wisata.” ujar Chikitta

Chikitta berpesan kepada mahasiswa Fiskom, “Jangan malu, karena Duta Wisata bukan sekedar ajang kecantikan, namun kemampuan otakpun diperlukan.”

Talent Show, Pecahkan Rekor

Sehari sebelumnya, Talent Show Duta Wisata 2014 diselenggarakan di Gedung Pertemuan Daerah  (GPD), Kamis (25/09). Prasetyo Suryahadi, Ketua Panitia talent show, mengatakan bahwa dia sangat gembira dengan talent show tahun ini. Talent show saat ini mengalami peningkatan dalam penonton, yang pada tahun sebelumnya hanya dihadiri oleh para finalis dan. ”Tahun ini rekor, karena masyarakat sekitar pun ikut hadir untuk melihat penampilan para finalis,” ujarnya.

Prasetyo juga menjelaskan bahwa duta wisata adalah suatu kegiatan yang diadakan Pemkot untuk mencari sepasang mas dan mbak Salatiga yang akan menjadi ikon promosi Kota Salatiga. Kemudian, pemenang akan mewakili Salatiga dalam pemilihan duta wisata di tingkat kabupaten hingga nasional. “Saya sangat senang karena tahun ini pendaftar duta wisata meningkat yaitu sebanyak 159 pendaftar, tetapi telah di seleksi menjadi 38 finalis” ujar Pras.

(Dias Anggun, Hadi Nugroho, Ed. Alexio Alberto Cesar)

Tinggalkan Balasan

