Opini

Angin Segar Untuk KBM

oleh Arista Ayu Nanda

Periode 2014-2015 LK Fiskom memberi kesempatan yang tinggi bagi KBM (Kelompok Bakat Minat), untuk mengembangkan diri. Proposal pengajuan  yang diserahkan kepada LK sudah disahkan dengan dana yang diajukan KBM guna menunjang kinerja program kerja KBM secara maksimal. Ini juga diperkuat dengan keberadaan SC yang menjadi penghubung antara KBM dan SMF dengan tujuan mengarahkan kegiatan KBM supaya tetap berjalan sesuai dengan tujuan dan rencana program KBM yang dibuat.

Sesuai dengan Pasal 56 mengenai Kelompok Bakat Minat, KBM menjadi penggiat aktivitas mahasiswa sesuai dengan bakat dan minat. Keberadaan KBM Fiskom ini memfasilitasi mahasiswa dengan bermacam-macam fokus kelompok bakat dan minat, karena KBM dibuat oleh mahasiswa sendiri sehingga lebih mampu memfokuskan minat mahasiswa. Misalnya, KBM Cofila yang memfasilitasi para mahasiswa dalam minat dunia perfilman, KBM Comic yang ada untuk mahasiswa yang tertarik dengan dunia photografi, KBM Komala yang memenuhi hasrat mahasiswa untuk mengexpresikan kecintaannya kepada alam, dan masih banyak KBM lain. Betapa sayang kalau KBM Fiskom yang begitu kreatif dalam melihat minat dan bakat mahasiswa, tidak maksimal dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan mahasiswa.

Bisa saja KBM bagus tujuannya, tapi kalau tanpa adanya integritas anggota KBM, maka hanya akan membentuk orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Saya rasa KBM dibentuk tidak hanya  untuk sekedar menyalurkan bakat dan minat mahasiswa, tapi juga untuk membentuk orang- orang yang berintegritas dan bertanggung jawab. Perlu diperhatikan bagi KBM yang sudah mengajukan proposal ke SMF agar pengurus KBM periode baru ini, menyelesaikan pertanggungjawaban kepada SMF melalui program yang sudah direncanakan. Kucuran dana melalui LK menjadi angin segar bagi KBM-KBM untuk lebih mengoptimalkan kinerja pengurus dan anggota KBM, yang harus diimbangi dengan pertanggungjawaban diakhir periode sehingga tidak ada dirugikan dari kedua belah pihak.

* MAHASISWI SOSIOLOGI FISKOM UKSW 2013, JUARNALIS LENTERA

Ed. Bima Satria Putra

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s