Kampus

Ketukan Palu Raker LK

oleh Bima Satria Putra

Ilustrasi oleh Veronica Dyah Arin

Ilustrasi oleh Veronica Dyah Arin

“Tok… Tok… Tok..,” bunyi ketukan palu Rapat Kerja (Raker) LK Fiskom 2014-2015 di Wisma Baptis Bukit Soka. Ketukan itu juga menandakan bahwa Rapat Kerja (Raker) LK Fiskom yang resmi dimulai pukul 15.00 WIB, Jumat (26/09).

Malamnya, fungsionaris LK membahas mengenai usulan penggabungan rancangan program kerja SMF, yaitu Semiloka Jurnal dan Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah & Live In. Setelah lobby berlangsung selama 30 menit, keputusan akhirnya keluar dengan dilaksanakannya Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (Jurnal) dan Live In.

Jesika Moranggi Tobing, Ketua Bidang III Senat Mahasiswa Fiskom, yang juga menjadi Pemimpin Sidang I mengetuk palunya pada pukul 02.30 WIB dini hari, Sabtu (27/09). Pengesahan tersebut molor hingga empat setengah jam.

Fungsionaris LK Fiskom kemudian beristirahat setelah pembahasan rancangan program kerja Bidang II yang berlangsung selama hampir 7 jam tersebut. Sementara beberapa fungsionaris LK yang lain bergadang untuk mempersiapkan pemaparan rancangan program kerja dan anggaran SMF untuk keesokan harinya.

Evelyn Dwinanda Putri, Ketua Senat Mahasiswa Fiskom 2014-2015 menjelaskan bahwa melalui diskusi semacam itu, justru akan menambah masukan yang baik bagi program kerja LK kedepannya. “Menurut saya, rapat sampai pagi tidak menjadi masalah, selama situasinya masih kondusif,” ujar Evelyn. Sementara Grace Puspita Raga Lawa, Ketua Bidang II Senat Mahasiswa Fiskom, tidak berkomentar apapun mengenai pembahasan tersebut.

Malam Sabtu (27/09), Pembahasan Program Kerja Bidang I berlangsung. Pembahasan mengenai penggabung LDKM dan Makrab Fiskom menjadi satu program, Fiskom Orientation and Organization Training (FOOT), menyebabkan pengunduran pembahasan program kerja dan anggaran Bidang III.

Unike Baitaningrum, anggota Bidang I Senat Mahasiswa Fiskom, menolak memberikan tanggapan mengenai pembahasan FOOT. “Tunggu setelah Rakoor,” ujar Unike disusul tawanya.

Kerjasama dengan Undang Ketua KBM

Berbeda dengan Raker LK Fiskom yang sebelumnya, pihak KBM diperkenankan untuk mengikuti sinkronisasi dan pengesahan hasil Raker LK Fiskom. Christ Theo Azharya Bandah, Ketua KBM Basket Ball Club (BBC) Fiskom, mengatakan bahwa mengundang pihak KBM dalam pengesahan hasil Raker LK Fiskom ini merupakan ide yang bagus. “Agar tahu SMF mengeluarkan dana sekian, sisa dana kita harus memenuhi berapa, sehingga ada yang dapat saya sampaikan ke anggota KBM,” ujar Theo.

Flavianus Der Melsasail, Koordinator Bidang Kemahasiswaan (Koorbidkem) Fiskom, mengatakan bahwa KBM memang sudah seharusnya menjadi pionir setiap program kerja kemahasiswaan. “KBM itu perlu tahu, kira-kira dimana KBM akan berkerjasama dengan SMF, dan itu harus sejak awal,” ujar Flavian.

Bermanfaat Bagi Mahasiswa

Anlia Yiska Kristiadi, Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa Fiskom, mengharapkan agar semua program kerja LK Fiskom dapat deal di Rakoor. “Dan tentu saja agar program kerja LK dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Baik itu teknis, gambaran pelaksanaan maupun anggaran,” ujar Yiska. Yiska juga menegaskan bahwa program kerja LK harus bermanfaat bagi mahasiswa Fiskom.

Pada akhir Raker LK Fiskom, Grace Puspita Raga Lawa, yang juga menjadi Pimsid I Pengesahan Hasil Raker LK Fiskom, mengetuk palu pada pukul 14.35 WIB, Minggu (28/09) yang disambut dengan riuh tepuk tangan seluruh peserta tetap sidang, beserta para Badan Pengurus Harian (BPH) KBM Fiskom dan Koorbidkem. Ketukan palu terakhir sidang Raker LK Fiskom tersebut mengantarkan fungsionaris LK Fiskom pada Rapat Koordinasi (Rakoor) LK UKSW bersama dengan LKU dan Lembaga Kemahasiswaan dari seluruh fakultas di UKSW, Jumat (03/10) nanti.

Ed. Ridwan Nur Martien

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s