Kampus

UKSW Kembali Adakan Job Fair

Para Pengunjung memadati Job Fair Kamis(9/10) Foto : Setyaji Rizki Utomo

Para Pengunjung memadati Job Fair Kamis(9/10) Foto : Setyaji Rizki Utomo

Satya Wacana Career and Alumni Center (SWCA) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga kembali mengadakan Job Fair ke XXVI yang diselenggarakan di Balairung Utama (BU) UKSW, pada Kamis (9/10) hingga Jumat (10/10).

Perusahaan dan lembaga yang ikut serta pada Job Fair periode ini mengalami peningkatan. Job Fair yang sebelumnya hanya diikuti 30 perusahaan, pada periode ini diikuti oleh 43 perusahaan yang menawarkan 432 posisi pekerjaan. Perusahaan yang mengikuti Job Fair berasal dari berbagai bidang, seperti lembaga pendidikan, industri, perbankan, hiburan, dan otomotif.

Job Fair ini memberikan peluang kepada pencari kerja (jobseeker) dari wilayah Jogjakarta, Solo, Semarang dan sekitarnya. Dengan kriteria pendidikan terakhir adalah D3, S1, S2, hingga S3. Ditemui disela-sela acara, Theresia Evy Yeniarti, ketua panitia Job Fair XXVI mengatakan jika Job Fair ini bertujuan untuk mefasilitasi para  jobseeker dengan perusahaan.

Ratusan jobseeker sudah terlihat bahkan saat Job Fair baru dimulai. Jobseeker masuk dan menyerahkan lamaran mereka ke bilik-bilik perusahaan. Hingga jam dua siang, sekitar 800 jobseeker telah berpartisipasi.

“Antusias para jobseeker kali ini sangat luar biasa, padahal baru hari pertama akan tetapi  jobseeker yang datang sangat banyak. Target kami adalah 1.500 jobseeker hingga hari kedua nanti,” jelas Evy.

Jobseeker bisa langsung mendaftar di tempat atau melalui link khusus yang disediakan perusahaan peserta Job Fair.

Septy, Biro Perekrutan PT. Bank Central Asia (BCA) menjelaskan jika pihak BCA saat ini menyiapkan link khusus buat jobseeker yang melamar di Job Fair. Pihak BCA juga menuturkan bahwa Job Fair kali ini lebih baik ketimbang periode sebelumnya. Dari segi pelayanan dan cara pendaftaranpun dinilainya lebih rapi.

“Yang sebelumnya itu berkerumunan, tapi ini sudah bagus, lebih rapi,” ujar Septi.

Dengan diadakannya Job Fair, panitia berharap lulusan UKSW bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Evi menjelaskan bahwa pihak perusahaan juga berharap dapat menemukan  jobseeker yang berkompeten dan mampu bekerja dengan baik.

Harapan para jobseker

Jobseeker merasa sangat terbantu dengan Job Fair yang diadakan oleh SWCA UKSW, mereka dengan mudah mengajukan lamaran karena banyaknya variasi pekerjaan yang ditawarkan.

“Terkadang perusahaan-perusahaan itu cuma PHP (pemberi harapan palsu-red) karena tidak ada kelanjutan setelah kami mengajukan lamaran,” ujar Merry, alumni Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UKSW.

Merry juga mengaharapkan agar perusahaan dan lembaga yang ikut serta akan ditambah pada Job Fair periode mendatang. Sementara mahasiwa UKSW lainnya mengarapkan agar alumni UKSW diutamakan terlebih dahulu.

(Sarah Yunita, Hadi Nugroho Ed.Bima Satria Putra & Ridwan Nur Matien)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s