Kampus

Festival 15 Tahun “Gandumnya FPB”

Saat memanen gandum. (Foto : Andreas Reuben)

Saat memanen gandum. (Foto : Andreas Reuben)

Jumat (17/10) Fakultas Pertanian dan Bisnis (FPB) UKSW menyelenggarakan Festival Panen Gandum di Laboratorium dan Kebun FPB di Desa Salaran, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Kegiatan yang bertema “Kirab Syukur Bumi” ini adalah kegiatan perayaan panen gandum pertama yang diselenggarakan oleh FPB.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan instrumen dan tema tradisional. Acara dimulai dengan kirab jalan dari SMP 3 sampai dengan Laboratorium dan Kebun FPB, kemudian diisi dengan dua tarian yaitu tari kreasi baru yang ditarikan oleh SD Kanisius Salatiga serta tari prajuritan yang ditampilkan oleh mahasiswa FPB, dan kemudian “ngerayah berkat”.

Christianto Prakoso, Koordinator Seksi Acara, mengatakan bahwa kegiatan ini diadakan dalam rangka untuk mengucap syukur atas panen gandum yang baik, jumlah mahasiswa tahun ini yang banyak, serta ditemukannya varietas gandum baru yaitu varietas gandum Dewata. “Ini merupakan panen gandum yang ke-15 kali, selama 15 tahun. Tapi selama ini tidak ada perayaan untuk ini. Dan tahun ini kita ingin orang lain tahu masyarakat kalau gandum bisa tumbuh di Indonesia. Kita ingin bersyukur bahwa mahasiswa kita banyak serta panen gandum yang bagus. Sekaligus ada momen panen gandum ini kita ingin merayakan ucap syukur kami,” ujar Christianto.

Acara ini ditutup dengan dihidangkannya makanan-makanan yang dibuat dengan bahan dasar gandum. Misal puding gandum, kue gandum, peyek gandum, tape gandum, bubur gandum, serta aneka makanan gandum lainnya. Gandum yang dipakai sebagai bahan dasar adalah hasil panen produksi gandum oleh FPB UKSW.

(Gabriella Agmassini , Ed. Bima Satria Putra)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s