Kampus

Kontrak Habis, Posnet UKSW Rencana Tutup

Posnet UKSW tampak dari pintu depan dalam keadaan tertutup pada Minggu, 26 Oktober 2014. (Foto Alexio Alberto Cesar)

Posnet UKSW dalam keadaan tertutup, Minggu 26 Okt 2014. (Foto: Alexio Alberto Cesar)

Posnet, jasa penyedia layanan internet bagi mahasiswa UKSW akan ditutup dalam waktu dekat. Penutupan ini adalah konsekuensi dari berakhirnya kontrak kerjasama antara UKSW dengan PT. Indomedia yang sudah terjalin selama 4 tahun. Kontrak yang dimulai pada 1 Oktober 2010 lalu ini terhitung selesai pada 30 Oktober 2014 mendatang.

“Dari evaluasi para pimpinan universitas, kami memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak kerjasama tersebut. Walaupun demikian, bukan berarti layanan ke mahasiswa dihilangkan,” ujar Teguh Wahyono, Pembantu Rektor II pada Jumat (24/10) lalu.

Teguh juga menerangkan bahwa penggunaan Posnet oleh mahasiswa UKSW cenderung menurun karena hampir setiap mahasiswa mempunyai laptop. Untuk mensiasati penutupan Posnet ini, Teguh menjelaskan bahwa UKSW telah menyiapkan beberapa langkah dalam meningkatkan layanan internet bagi mahasiswa. Antara lain dengan memperbesar Bandwidth yang awalnya 90 Mbps menjadi 150 Mbps. Selain itu UKSW juga akan berkerjasama dengan PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) dan Cisco System untuk meningkatkan kemampuan Internet di kampus.

Sementara untuk mengakomodasi kebutuhan layanan internet bagi mahasiswa yang tidak memiliki laptop, UKSW saat ini sedang merancang progam Internet Corner yang rencananya akan diletakakan dibeberapa titik tertentu di kampus. Seperti di perpustakaan lantai 4E yang nanti jumlah komputernya akan ditambah. “Semuanya itu masih rancangan. Internet Corner sendiri akan dikelola oleh BTSI (Biro Teknologi dan Sistem Informasi-Red),” jelas Teguh.

Mahasiswa Tidak Perlu Heboh

“Kami harap para mahasiswa tidak heboh dengan penutupan Posnet ini, karena kami tetap memberikan solusi-solusi lain dalam layanan internet gratis. Jadi hak mereka akan tetap kami layani,” janji Teguh.

Belinda Gita Puspita, Mahasiswi Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) UKSW, menyayangkan rencana penutupan Posnet tersebut. Menurutnya, Posnet bisa dibilang sebagai salah satu pendukung kegiatan perkuliahan. “Walaupun sekarang anak-anak kampus banyak yang membawa laptop, tapi masih banyak juga yang tidak memiliki laptop dan kemudian memanfaatkan fasilitas kampus itu,” ujar Belinda.

(Alexio Alberto Cesar, Ed. Bima Satria Putra & Ridwan Nur Matien)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s