Kampus

Fariz Mehdawi : Timur Tengah Krisis Identitas

IMG_7384

Bersama Dr.Pamerdi Giri Wiloso (Dosen FISKOM) sebagai moderator, duta besar palestina Fariz N. Mehdawi berikan kuliah dalam seminar dan Pentas Seni dan Pameran karya perdamaian (Foto : Galih Agus).

Satya Wacana Peace Center (SWPC) UKSW bekerjasama dengan Program Studi (Prodi) Hubungan Internasional, Fiskom, UKSW, serta Koordinator Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan menyelenggarakan Kuliah Umum, Kampanye Karya Perdamaian dan Pentas Seni Perdamaian pada Kamis (30/10) di  Balairung Utama dan Student Center UKSW.

Kegiatan bertemakan ‘Perdamaian dalam Tantangan Global’ tersebut dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan mengundang Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Fariz Mehdawi yang menyampaikan pemikirannya mengenai konflik yang terjadi di Timur Tengah.

“Krisis di Timur Tengah bukan karena masalah agama, melainkan krisis identitas yang dimiliki oleh setiap masyarakat Timur Tengah. Kami orang Timur Tengah mengalami masalah identitas yang begitu besar. Berbasis pada wilayah, negara, dan agama. Indonesia dan Amerika Serikat beruntung karena identitas tidak serumit di Timur Tengah,” ujar Fariz.

Fariz mengungkapkan bahwa Palestina mengingkankan hubungan yang baik dengan Israel dengan hidup berdampingan. “Palestina menginginkan hukum internasional yang akan mengatasi konflik. Israel perlu mengubah pola pikirnya,” jelas Fariz.

Kuliah umum dan pentas seni perdamaian tersebut menurut Sri Suwartiningsih koordinator Service Learning Satya Wacana Peace Center telah berjalan sesuai harapan. Hanya saja beliau menyayangkan rendahnya animo mahasiswa pada kampanye karya perdamaian yang dipamerkan di Student Center UKSW.

“Saya mengerti mahasiswa sibuk dengan kegiatan kuliah sehingga tidak sempat melihat-lihat kampanye karya perdamaian ini,” ujar Sri.

Kedepannya, Satya Wacana Peace Center berencana untuk terus menyelenggarakan kegiatan serupa guna mengimplementasikan perdamaian bukan hanya sekedar dalam bentuk  kognitif melainkan juga afektif dan psikomotorik.

RAHAYU PERWANTI, ED. ALEXIO ALBERTO CAESAR

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s