Kampus

Pameran dari B’Art : Bawa Kembali Kenangan Masa Kecil

Seorang pengunjung pameran sedang melihat karya mahasiswa DKV 2013.

Seorang pengunjung pameran sedang melihat karya mahasiswa DKV 2013 (Dok. Scientiarum/Andreas Reuben).

Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Teknologi dan Informasi (FTI) 2013 UKSW mengadakan pameran angkatan untuk yang pertamakalinya di rumah Noto UKSW. Pameran bertemakan ‘Childhood’ ini berlangsung pada hari Rabu (5/11) hingga Kamis (7/11). Mahasiswa DKV Angkatan 2013 –biasa disebut B’Art- mengelola secara mandiri pameran tersebut, baik struktur kepanitiaan maupun hasil karya yang ditampilkan.

“Tema Childhood dipilih karena kita sudah dianggap dewasa oleh orang tua kita, sehingga kita perlu sedikit bernostalgia dengan masa lalu kita. Semuanya berkaitan dengan masa kecil kita, seperti cita-cita, permainan dan kenakalan-kenakalan kita,” jelas Alexander Herdian, Ketua Panitia pameran.

Di dalam rumah Noto terdapat empat ruangan untuk memamerkan karya dan sebuah ruangan pemutaran film dengan konsep yang berbeda-beda tiap ruangan. Dua ruangan di depan merupakan ruangan  berkonsep nakal dan autis, sementara dua ruangan belakang merupakan ruangan mimpi dan dolanan. Setiap ruangan memamerkan setiap karya dengan cerita yang berbeda-beda, mulai dari lukisan, digital painting, foto, filem pendek, nintendo dan trimatra karya mahasiswa DKV FTI 2013. Beberapa mahasiswa DKV juga terlihat tengah menampilkan live sketch dan live painting di tiga kanvas berukuran besar.

Alexander menjelaskan bahwa mereka terinspirasi dari Insitut Seni Indonesia (ISI) Jogjakarta dan Solo. “Di sana, setiap angkatan sudah membuat pameran,” ujarnya. “Sedangkan disini pameran hanya dilakukan setahun sekali, itupun yang memegang bukan angkatan,” lanjutnya.

“Konsep tentang childhood kena sekali, saya cukup terpukau dengan beberapa lukisan dan foto yang mengingatkan masa kecil saya,” ujar Arielle Dana Rizki, mahasiswi FEB UKSW, salah satu pengunjung pameran.

Alexander berpendapat bahwa percuma saja universitas memiliki progdi seni namun tidak ditunjukkan kepada orang lain. “Harapan saya setiap tahun ada pameran besar milik uiversitas yang melibatkan banyak fakultas,” harap Alexander.

SABDO WINEDAR HADI NUGROHO, ED. BIMA SATRIA PUTRA

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s