Kampus

Makrab Fiskom Digabung LDKM

Seorang panitia sedang memberikan instruksi kepada peserta makrab Fiskom 2013, tahun lalu di Salaran (Foto : Jeliana Gabrella Seilatuw)

Seorang panitia sedang memberikan instruksi kepada peserta makrab Fiskom 2013, tahun lalu di Salaran
(Foto : Jeliana Gabrella Seilatuw)

Rencana Senat Mahasiswa Fiskom menggabungkan makrab dengan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) melalui acara Fiskom Orientation and Organization Training (FOOT) dipastikan segera terlaksana. Hal tersebut berdasarkan hasil rapat koordinasi LK UKSW pada Jumat 10 Oktober lalu. Acara FOOT ini sendiri akan dilaksanakan  pada Jumat (14/11) hingga Minggu (16/11) di Yonif 114/Raider, Salatiga.

Dibandingkan dengan makrab sebelumnya, FOOT kali ini akan dikemas dengan cara yang berbeda. Peserta FOOT tidak mengenakan atribut seperti caping, kepang rambut yang sesuai dengan tanggal kelahirannya dan kalung telur.

Guntur Segara, Ketua Panitia, menjamin tidak akan ada kekerasan di dalam FOOT. “Kita tidak main fisik, kita hanya main mental saja. Jadi, jika ada misalnya ada peserta yang melakukan pelanggaran, kita hanya tegur,” ujar Guntur.

Selain itu di dalam FOOT nantinya juga akan ada pemilihan ketua angkatan 2014. Unike Baitaningrum, anggota Bidang I SMF yang akrab disapa Ita menerangkan bahwa pemilihan ketua angkatan akan dilaksanakan pada hari terakhir. “Tapi sistemnya nanti LK yang menentukan,” ujar Ita.

Ditanyai mengenai materi LDKM yang akan disampaikan, Ita menjelaskan bahwa dengan penggabungan tersebut malah akan membut LDKM menjadi semakin efektif. “Berdasarkan evaluasi LDKM yang lalu, kita tidak mendapatkan apa-apa. Kali ini kita mencoba untuk mempraktekkan materi yang telah diberikan, sehingga nanti materinya akan lebih enak dengan model seperti ini,” tambah Ita.

Mahasiswa Lama, Ikut Makrab Lagi

Ita juga menjelaskan, kuota peserta FOOT bagi mahasiswa 2013 ke atas yang belum mengikuti LDKM awalnya hanya 30 orang. Tetapi karena mempertimbangkan beberapa mahasiswa 2014 yang berhalangan untuk mengikuti FOOT, maka kuota tersebut dialihkan kepada mahasiswa 2013 ke atas. Sehingga keseluruhan kuota peserta makrab untuk mahasiswa 2013 keatas menjadi 40 orang.

Erlita Indriasari misalnya, ia adalah salah satu mahasiswa Fiskom 2013 yang belum sempat mengikuti LDKM dan akhirnya mengikuti FOOT tahun ini. Ia menyayangkan mahasiswa Fiskom yang harus kembali mengikuti makrab. “Tidak adil ya. Sedangkan mahasiswa 2013 kemarin yang belum ikut LDKM kok ikut makrab lagi,” ujar Erlita.

Sementara Evelyn Dwinanda Putri, Ketua Senat Mahasiswa Fiskom kepada Lentera mengaku bahwa penggabungan tersebut mempertimbangkan evaluasi makrab dan LDKM pada tahun-tahun sebelumnya.

“Banyak juga mahasiswa yang tidak dapat mengikuti LDKM karena mereka capek setelah makrab atau tidak memiliki uang karena telah mengikuti makrab,” ujar Evelyn.

Bima Satria Putra, Ed. Ridwan Nur Martien

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s