Litera / Ragam

Gie, Filem yang Sarat Nilai Perjuangan

Sutradara : Riri Riza Rilis : 14 Juli 2005 Durasi : 147 menit

Sutradara : Riri Riza
Rilis : 14 Juli 2005
Durasi : 147 menit

Banyaknya film mancanegara yang akhir-akhir ini mencuri perhatian penikmat film Indonesia tidak membuat kita melupakan film nasional yang telah dirilis beberapa tahun silam. Tak salah apabila kita mengulas film mengenai kisah seorang aktivis yang pada jamannya sangat berpengaruh dalam alur perpolitikkan dalam negeri, Soe Hok Gie. Film ini bercerita tentang seorang aktivis mahasiswa Universitas Indonesia, diilhami dari buku hariannya yang dicetak pertama kali pada tahun 1983.

Gie adalah keturunan Tionghoa di Jakarta. Sejak kecil ia sudah memperlihatkan sisi pemberontakan dan tumbuh menjadi sesosok pemuda yang berpendirian kuat disepanjang kehidupannya. Ia memang menghormati Soekarno sebagai The Founding Father bangsa Indonesia, namun ia menentang unsur-unsur korupsi yang berakar kuat pada pemerintahan orde lama.

Terdapat beberapa perbedaan diantara versi film besutan Riri Riza ini dengan buku aslinya. Yang pertama adalah dimunculkannya tokoh-tokoh fiktif. Ira adalah salah satu tokoh fiktif. Memang dalam bukunya Gie diceritakan telah menjalin kasih dengan beberapa wanita di kampus, namun nama Ira tidak disebutkan dalam buku tersebut. Begitu pula dengan Han, teman kecilnya yang akibat keterlibatannya dengan PKI (Partai Komunis Indonesia), nasib hidupnya berakhir ketika pembantaian PKI pada akhir orde lama.

Perbedaan yang kedua adalah aksi demo yang pernah Gie lakukan tidak banyak diadegankan. Mungkin ini dilakukan untuk menghemat durasi film dan biaya produksi. Hal ini akan disayangkan oleh orang-orang yang telah membaca bukunya terdahulu.

Film yang diproduseri oleh Mira Lesmana ini sarat akan nilai-nilai perjuangan dan inspirasi. Gie  selalu mengharapkan pemerintahan yang bersih dari unsur korupsi dan kehidupan politik yang tidak berpihak pada ras, golongan, ataupun agama.

(Gabriella Agmassini Primesvari)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s