Kampus

Talk Show NML Bahas Dampak Media Sosial

Dari kiri ke kanan, Jeliana Gabrela Seilatuw, Seto Herwandito, Sri Suwartiningsih dan Dewi Kartika Sari (Foto : Alexio Alberto Caesar).

Dari kiri ke kanan, Jeliana Gabrela Seilatuw, Seto Herwandito, Sri Suwartiningsih dan Dewi Kartika Sari (Foto : Alexio Alberto Caesar).

Kamis (20/11) Senat Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Komunikasi (Fiskom) mengadakan Talk Show New Media Literacy dengan tema ‘Turn It On’. Acara ini bertempat di Auditorium Fakultas Teknologi Informasi (FTI)UKSW.

Menurut Yosie Andiani, Ketua Panitia penyelenggara acara, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa lebih kritis dalam menggunakan media sosial. “Kita tidak hanya sebagai pengguna yang menerima berbagai informasi begitu saja tetapi kita harus menyaring setiap pesan yang ada,” ujarnya.

“Jangan mudah percaya dengan informasi yang anda dapat, gali dahulu informasi yang ada, baru ambil kesimpulan” jelas Seto Herwandito, pembicara dalam Talk Show tersebut.

Sri Suwartiningsih, pembicara dalam Talk Show tersebut menjelaskan bahwa dampak negatif penggunaan media sosial adalah kecenderungan kita menjadi individualis di dunia nyata, kita kurang peka terhadap lingkungan sekitar, pengeluaran keuangan lebih meningkat serta kurangnya sosialisasi dalam dunia nyata.

“Dampak positif yang bisa kita rasakan yakni kita bisa membuka pertemanan dengan individu yang introvert, lebih menghemat waktu serta memiliki pengetahuan yang luas,” ujar Sri yang juga Kaprogdi Hubungan Internasional (HI) Fiskom UKSW tersebut.

“Bijaklah dalam menggunakan media sosial. Kita harus memperhatikan etika dan sopan santun saat hendak memposting sesuatu hal, apakah hal itu berdampak buruk bagi orang lain atau tidak?” ujar Seto lagi.

HANNY YUNITA, PRISKILA EFATANIA KRISPATY. ED, BIMA SATRIA PUTRA

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s