Litera / Ragam

Heidi, Gadis Pionir di Lereng Alpen

heidi001

Heidi merupakan Novel karya Johanna Spyri, seorang penulis terkenal Eropa pada abad 18. Buku dengan ketebalan 400 halaman ini mampu menghasilkan cerita menarik untuk banyak kalangan. Cerita tersebut diterbitkan kembali secara massal oleh percetakan klasik dengan menggunakan Bahasa Indonesia serta dicetak pertama kali pada tahun 2009.

Novel ini menghadirkan cerita Character Building bagi para pembacannya dengan dihadirkannya prinsip ketegaran, kasih sayang serta ketulusan di dalam keluarga serta lingkungan. Alur kisah memberikan gambaran tentang adanya gadis kecil yang mampu merubah dunia dengan cinta kasih dan ketulusan. Berawal ketika adanya gadis kecil yatim piatu bernama Heidi yang dikirim untuk tinggal bersama kakeknya di lereng pegunungan Alpen, Swiss, dia harus mampu membantu memenuhi kebutuhan sehari–hari bersama kakeknya yang galak, ketus dan kasar. Mulai dari memerah susu, mencabut rumput, menjual dagangan menjadi kegiatannya sehari–hari. Tetapi penulis menghadirkan sosok yang tegar serta mampu merubah sifat buruk kakeknya.

Alur semakin meninggi ketika Heidi direbut oleh bibinya untuk menjadi teman seorang gadis kaya di Frankfurt, Jerman yang mengalami kelumpuhan. Terjadi pertentangan di sini antara pribadi Heidi yang mulai merasa nyaman dengan kehidupannya di pedesaan dengan menjadi seorang gadis berpendidikan di Kota.

Disebutkan bahwa di kota, Heidi mampu memberikan rasa kasih sayangnya bagi gadis lumpuh bernama Clara, walaupun ia sendiri mengalami ketersiksaan batin dengan adanya keinginan kembali ke kampung halamannya. Cerita kemudian berlanjut dengan berhasilnya Heidi menunjukan kekuatan kasih yang sesungguhnya pada sesama. Ini terbukti dengan gadis lumpuh bernama Clara yang kemudian mampu berjalan.

Novel ini sangat bagus untuk menunjukan respon kasih kita serta bagaimana seharusnya kita bertindak dalam kehidupan ini. Maka sangat cocok apabila buku ini menjadi teman bacaan di setiap waktu dan keadaan.

(Tunjung Wijanarka)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s