Kampus

Doktor Cum Laude Presentasikan Hasil Penelitian Konflik Poso

dosen cum laude

Pdt. Tony Tampake saat hendak diwisuda oleh rektor UKSW, John Titaley (Foto : Setyaji Rizki Utomo)

Selasa (25/11), Fakultas Teologi menggelar ujian terbuka Doktor Sosiologi Agama, di Ruang Probowinoto, Gedung G lantai 5 UKSW Salatiga. Pdt. Tony Tampake mempresentasikan disertasi dengan judul ‘Redefinisi Tindakan Sosial dan Rekonstruksi Identitas Pasca Konflik Poso’, dengan 6 penguji termasuk Rektor UKSW Prof. Pdt. John A. Titaley. Pada ujian terbuka tersebut,Tony lulus ujian dan menyandang gelar Doktor Sosiologi Agama dengan kategori cum laude.

Ujian terbuka dimulai dengan pembukaan dari Rektor UKSW, Prof. Pdt. Jhon A. Titaley, yang kemudian dilanjutkan dengan Tony yang menyampaikan temuannya mengenai hasil penelitiannya di Poso. Tony melakukan penelitian selama 5 tahun. Penelitiannya merupakan studi sosiologis terhadap gerakan jemaat di Eli Saloom Kele’i.

Menurut salah satu penguji, Dr. Pdt. Retnowati, Tony memiliki keunikan tersendiri, yaitu temuan teori yang otentik dari pengalaman religiusnya.

“Dia bisa menjelaskan pengalaman teologis yang otentik dari pengalaman perjumpaan Tuhan dari konteks poso, dia berteologi sendiri dan merumuskan perjumpaan Tuhan dengan pengalaman religius yang dia hadapi,” ujar Retno, yang juga Dekan Fakultas Teologi ini.

Peresmian gelar doktor tersebut diberikan kepada Dr. Pdt. Tony Tampake bersamaan dengan ijazah yang ditandatangani oleh 3 Penguji yaitu dari kaprodi, Dekan Teologi, dan Rektor UKSW. Rektor UKSW berpesan kepada Pdt. Tony Tampake agar berhenti menulis sejenak, dan memikirkan studi dirinya.

“Dia mulai menulis pada tahun 2009, dan setelah dia selesai dengan penelitiannya, dia masih ingin menulis terus. Dia harus berhenti seperti yang dikatakan promotor tadi,” ucap Dekan Fakultas Teologi Dr. Pdt. Retnowati.

BILLIAM SIMON ARTADI, ED. BIMA SATRIA PUTRA

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s