Bincang / Ragam

Ketua Angkatan Dari Pulau Cenderawasih

willi

oleh Setyaji Rizki Utomo *

Suasana dingin menyelimuti malam, ditemani secangkir kopi menemani malam bersama alunan lagu silih berganti yang dibawakan pengamen jalanan. Dalam suasana tersebut, Lentera menemui sosok mahasiswa  yang tak asing bagi para mahasiswa Fiskom angkatan 2014. Ya, dia bernama William Walela, mahasiswa program studi Hubungan Internasional (HI) Fiskom UKSW. William yang juga jurnalis Lentera ini terpilih menjadi Ketua angkatan 2014 pada Minggu, 16 November lalu. Untuk pertamakalinya, ketua angkatan mahasiswa Fiskom terpilih dari prodi HI.

William merupakan anak ke 2 dari 5 bersaudara. Ayahnya berprofesi sebagai spesialis dokter penyakit dalam, sementara Ibu seorang guru. Selain itu William piawai dalam memainkan alat musik, terutama biola. William juga sempat mengisi dibeberapa kegiatan dan memainkan alat musik dalam acara keagamaan maupun hanya sekedar mengajarkan bermain alat musik kepada teman-temanya.

***

Bagaimana perasaan anda setelah dipilih menjadi ketua angkatan Fiskom pada acara Foot kemarin?
Perasaan saya senang sekali, karena saya sudah dipercayai oleh teman-teman Fiskom 2014. Setelah itu tugas selanjutnya adalah mengemban visi-misi saya sebagai ketua angkatan dan melayani teman-teman semuanya terutama mahasiswa Fiskom 2014.

Lalu bagaimana cara anda bisa menjadi ketua angkatan? Mencalonkan diri atau dicalonkan?
Waktu itu kita di kelas dan teman saya mengusulkan saya sebagai ketua angkatan, setelah itu saya mendaftarkan diri diantar bersama beberapa teman dari HI untuk mendaftarkan saya menjadi kandidat ketua angkatan.

Berdasarkan pengalaman senior, menyatukan semua mahasiswa dari semua program studi dalam satu angkatan adalah masalah klasik. Lalu, bagaimana cara William mengatasinya?
Saya berusaha menyatukan semua mahasiswa 2014 dengan beberapa cara. Misalnya dengan cara melayani semua mahasiswa, karena menurut saya, seorang pemimpin itu harus melayani. Kedua, mendekati mahasiswa yang sulit bergaul dengan teman-temanya, karena saya yakin setiap orang mempunyai bakat dan terkadang orang tersebut sulit menyalurkan bakatnya tersebut. Jika orang tersebut sangat sulit untuk diajak berkomunikasi, maka saya akan berusaha mendekati, tetapi lewat teman dekatnya. Cara yang ketiga, melalui jalur akademik, yaitu dengan mengadakan kerja kelompok antar mahasiswa. Karena disetiap program studi ada kesamaan dalam mata kuliah, dari situlah setiap mahasiswa dapat bertukar pengalaman dan pengetahuan. Yang keempat, melalui kegiatan non-akademik, contohnya de-ngan meng-adakan turnamen dalam berbagai bidang olahraga seperti futsal, basket, bulu tangkis dan bola voli. Kalau untuk mahasiswi mungkin, akan diadakan lomba memasak. Hahaha.

Apakah anda yakin semua program anda akan terealisasi?
Semua itu akan terealisasi, saya berusaha semaksimal mungkin. Tapi ini juga tergantung kepada maha-siswa Fiskom 2014 sendiri. Karena kalau semuanya kompak, maka semuanya akan terealisasi. Kita harus menunjukan bahwa fakultas bisa menunjukan prestasi dari akademik mamupun non-akademiknya.

Apakah anda sudah mengirim utusan ke BPMF? Lalu, apa hasil dari rapat angkatan hari Senin, 24 November kemarin?
Ketika rapat angkatan, kita sudah memilih beberapa utusan untuk diutus ke BPMF. Yaitu 4 orang dari prodi Ilmu Komunikasi, 3 orang dari prodi Sosiologi dan 3 orang dari prodi HI. Keputusan itu merupakan hasil dari musyawarah dan setelah itu diajukan oleh setiap program studi masing masing. Kemarin ketika rapat angkatan ada pengenalan dari SMF dan BPMF untuk pendaftaran mahasiswa 2014 masuk ke dalam SMF dan BPMF.

Ketika pemilihan ketua angkatan kemarin, banyak mahasiswa 2014 yang menyayangkan mekanisme cara pemilihan ketua angkatan. Bagaimana pendapat anda ?
Kalo pemilihannya itu saya kan tidak tahu, karena saya di luar ruangan. Banyak juga mahasiswa yang menyayangkan cara pemilihan tersebut.

Apakah anda sebelumnya sudah pernah mengikuti suatu organisasi lain? Di organisasi tersebut anda menjabat sebagai apa?
Sebelumnya saya mengikuti organisasi di gereja dan di situ saya menjabat sebagai ketua ibadah remaja. Dari situ saya mendapatkan banyak pelajaran yang akan saya kembangkan ketika saya melaksanakan tugas sebagai ketua angkatan di fakultas ini.

* JURNALIS FOTO LENTERA,
MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FISKOM 2014

Tinggalkan Balasan

