Uncategorized

Demokrasi Konstitusionil

Demokrasi

Dalam banyak negara demokrasi, parlemen adalah lembaga yang diserahi untuk memegang kedaulatan rakyat karena dianggap mewakili rakyat. Masing-masing perwakilannya adalah utusan dan membawa aspirasi dari konstituasenya, daerah perwakilan.

Kampus sebagai tempat terlahirnya para pemimpin, seringkali menjadi cermin kehidupan berpolitik. Kampus menjadi tempat latihan untuk membina dan membentuk seorang negarawan. Di UGM, bahkan ada pemilihan raya untuk memilih presiden mahasiswa yang dipilih langsung oleh mahasiswa melalai partai politik mahasiswa.

Di UKSW memang tidak demikian, posisi tertinggi perwakilan mahasiswa dipilih oleh perwakilan mahasiswa sendiri, sehingga mahasiswa tidak secara langsung memilih. Pantas saja jika pemegang kekuasaan tertinggi mahasiswa seringkali jarang diketahui oleh rakyatnya sendiri, mahasiswa.

Sistem seperti ini juga yang membuat mahasiswa apatis dengan kehidupan Lembaga Kemahasiswaan (LK). Mereka tidak dapat memutuskan langsung siapa ketua Senat Mahasiswa Universitas (SMU) dan Badan Perwakilan Mahasiswa Universitas (BPMU).

Kelebihannya, berbeda dengan kebanyakan kampus lain. Dua (2) pimpinan tertinggi mahasiswa ini posisinya disamakan dengan rektor! Sehingga pimpinan mahasiswa mempunyai kekuasaan yang sama untuk mewakili kepentingan mahasiswa dalam menghasilkan kebijakan-kebijakan di dalam kampus. Walaupun terkadang, LK ‘pusat’ sendiri sering diintervensi oleh Pembantu Rektor III.

Terlepas dari kekurangan dan kelebihan itu, UKSW sebagai cermin kehidupan berpolitik negara harus bisa melahirkan calon negarawan yang mengenal baik sistem politik negaranya. Yang mengerti dengan benar fungsi dan tujuan, garis koordinasi, pemisahan kekuasaan dan hal-hal lain dalam kehidupan bernegara.

Nah, itu yang harus ditekankan kepada Malinton, seorang perwakilan mahasiswa yang paling tidak, suaranya akan cukup didengar dalam perumusan kebijakan dan keputusan-keputusan lain.

Seperti kata Yisca, Ketua BPMF Fiskom, Malinton diharapkan dapat mewakili aspirasi mahasiswa tentu saja. Begitu idealnya!

Semoga Tuhan memberkati pelayanannya.

Redaksi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s