Kampus

Seminar Nasional Bahas Eksistensi Pers

Sri Hascaryo, pengamat media sedang membawa materi mengenai eksistensi media cetak  (Foto : UKSW.EDU)

Sri Hascaryo, pengamat media sedang membawa materi mengenai eksistensi media cetak (Foto : UKSW.EDU)

Pada Kamis (12/03), Prodi Ilmu Komunikasi Fiskom UKSW berkerjasama dengan Monumen Pers Nasional mengadakan Seminar Nasional. Seminar yang diadakan di Auditorium FTI UKSW itu mengangkat tema ‘Eksistensi Pers : Sampai Kapan?’.

Tiga narasumber diundang dalam seminar tersebut, yaitu pengamat media Sri Hascaryo, Ditjen Kominfo Sunaryo dan dosen UKSW Bambang Suteng. Ketiganya membawa tiga materi yang berbeda. Sementara Sampoerna, dosen Fiskom UKSW adalah moderator dalam seminar tersebut. Seminar tersebut diikuti oleh wartawan media lokal, Pemkot Salatiga, pers mahasiswa di UKSW, dan mahasiswa yang mengambil mata kuliah Manajemen Media Massa.

Sunaryo menegaskan peran penting pemerintah dalam menjaga eksistensi media. Berbeda dengan orde baru, pada masa reformasi pers di Indonesia lebih bebas. “Ketimbang memberedel media, kita mencoba untuk memberikan penghargaan kepada insan media yang menjunjung tinggi etika komunikasi,” ujarnya.

Sementara itu Hascaryo, yang juga dosen di UNS Solo membawa materi mengenai eksistensi media cetak yang semakin dalam tekanan karena serangan media baru. Seperti data yang ditunjukan oleh Sri, sirkulasi, oplah, pembaca dan profit media cetak semakin mengalami penurunan akhir-akhir ini. “Tapi saya pikir, media cetak akan tetap eksis, apapun bentuknya. Karena dia beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi,” ujar Sri.

Dalam seminar itu, Bambang, yang juga menjadi dosen di FKIP UKSW membawa materi mengenai penegakkan nilai-nilai jurnalisme. Dalam pemaparannya, Bambang menjelaskan bahwa media daring kurang menjunjung tinggi nilai-nilai jurnalisme ketimbang media cetak.

BIMA SATRIA PUTRA

PENYUNTING : ALEXIO ALBERTO CESAR

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s