Uncategorized

Hai Mahasiswa, Berhimpun!

Hand fist 2

Mahasiswa berhimpun, berorganisasi,
Turut semua ke HMP,
Marilah pandang mahasiswa Fiskom!
Bangun dan bergabunglah,
Bangun dan bergabunglah,
Bangun dan bergabunglah,
ke HMP…

Gubahan lagu “Hai, Mari Berhimpun”

Wacana pembentukan Himpunan Mahasiswa belakangan ini sendikit membuat ribut mahasiswa Fiskom. Pro dan kontra bersahutan. Entah itu LK, KBM dan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) sebenarnya adalah organisasi-organisasi yang disusun dan disediakan untuk wadah partisipasi mahasiswa dalam kehidupan kampus UKSW. Karenanya, pembentukan HMP sebenarnya adalah sesuatu yang tidak perlu ditolak.

Padahal, banyak keuntungan dengan dibentuknya HMP pada aras mahasiswa program studi. Pertama, menyediakan wadah bagi mahasiswa program studi untuk berorganisasi dan memenuhi kebutuhannya. Dalam hal ini, mahasiswa dapat menyusun dan mengajukan program kerja yang berorientasi pada penalaran mahasiswa serta anggarannya, berdasarkan Garis Besar Haluan Program Lembaga Kemahasiswaan (GBHPLK) aras fakultas, pada permulaan tahun periode kepada SMF untuk dikoordinasikan. Dengan kata lain, HMP dapat menggiatkan aktifitas mahasiswa program studi sebagai basis kegiatan akademik, sesuai dengan bidang ilmunya.

Kedua, mengubah relasi antara mahasiswa dan LK. Jika selama ini tanpa adanya HMP relasi top-down terjadi dari LK kepada mahasiswa, maka dengan adanya HMP, relasi yang terjadi malah berbalik menjadi bottom-up dari mahasiswa kepada LK. Sebagai bagian dari ‘politik identitas’, mahasiswa prodi yang tergabung kedalam HMP punya kesempatan lebih besar untuk menyampaikan aspirasinya melalui utusannya ke BPMF dan menyusun sendiri kegiatan untuk mereka ke SMF. Mahasiswa prodi tidak begitu saja ‘ikut-ikutan’ program buatan SMF, tetapi dapat menyusun sendiri program yang mereka inginkan.

Ketiga, meningkatkan solidaritas mahasiswa prodi dan memperluas jaringan antara mahasiswa prodi sejenis dengan perguruan tinggi yang lain. Secara nalar, solidaritas tentu dapat dicapai dengan dibentuknya HMP. Tetapi memperluas jaringan adalah salah satu hal yang pasti dengan dibentuknya HMP. HMP seringkali menjadi jembatan antara mahasiswa prodi dengan mahasiswa dari perguruan tinggi yang lain. Coba dihitung, dari puluhan konferensi dan sarasehan mahasiswa prodi di Indonesia, kemana utusan prodi Ilmu Komunikasi, Sosiologi dan Hubungan Internasional? Hampir tidak ada! Kita seringkali absen dalam pertemuan-pertemuan tersebut. Tidak lain dan tidak bukan, hal ini disebabkan karena tidak adanya HMP pada aras mahasiswa prodi. Tidak ada delegasi mahasiswa dari HMP, wong HMP-nya saja tidak ada.

Walau demikian, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dengan dibentuknya HMP. Misalnya anggaran. Dengan semakin dinamis dan meningkatnya jumlah organisasi kemahasiswaan di aras fakultas, seringkali tidak diikuti dengan peningkatan jumlah anggaran yang dimiliki oleh SMF. Dalam hal ini, SMF perlu memutar otak bagaimana caranya agar “organisasi-organisasi baru” tersebut tetap mendapatkan anggaran yang cukup secara adil dan proporsional. Proporsional yang dimaksud di sini bukanlah sama rata sama rasa, tapi menyesuaikan dengan konteks kebutuhan program kerja KBM, HMP dan SMF sendiri.

Sekarang, adalah waktunya berbenah. Perlukah kita membentuk HMP? Kenapa perlu? Kenapa hingga belasan tahun usia fakultas ini, HMP pun tidak ada, bahkan untuk prodi yang ‘katanya’ terakreditasi A? Kita patut berbangga hati dengan dibentuknya IRSA. Teman-teman kita di Sosiologi juga sedang jatuh bangun membentuk kembali Himpunan Mahasiswa Sosiologi (Himasogi). Bagaimana dengan mahasiswa Ilmu Komunikasi? Hai mahasiswa, mari berhimpun!

Iklan

One thought on “Hai Mahasiswa, Berhimpun!

  1. Bolehla bentuk tulisan ini, tapi coba ditilik kembali ke belakang. Coba lihat lagi kebelakang sebelum adanya HMP dkk. Kalau difiskom sendiri teman-teman dari SOSIOLOGI sudah lebih dulu membangun JMSJ ( Jaringan Mahasiswa Sosiologi Jawa) dulu penggawangnya adalah kaka senior 2000-an. Setelah itu teman sosiologi juga dengan Himasogi juga sudah membangun jaringan tersebut beberapa tahun kebelakang mulai digalang kembali. Untuk komunikasi sendiri dalam penegtahuan saya kita sudah bergabung dengan ASPIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi) dan banyak info juga dari sana. ( Nah, walau pun untuk yang ini beberapa kali sempat missinfo antara pihak mahasiswa dan dosen). Jadi bukannya di Fiskom sendiri tidak ada media pengembang kegiatan untuk mahasiswanya dalam forum yang besar. HMP sendiri memang baru dapat terbentuk dengan beberapa syarat yang harus memenuhi beberapa kriteria yang ada pada KUKM. Jadi, baru bisa dibentuk HMP FISKOM sendiri untuk tahun ini, walau sudah dicanangkan dari 2 periode sebelumnya. Namun, karena memang ada beberapa kriteria yang belum bisa terpenuhi.

    Catatan saja, HMP sendiri menjadi bagian dari LKF secara Non-Terstruktur. Segala kegiatan yang dicanangkan dan disampaikan oleh HMP nantinya akan disesuaikan juga dengan GBHPLK pokok dari BPMF kepada SMF untuk nantinya mentransfer menjadi KPUPUPK. Semoga untuk LKF FISKOM periode 2015-2016 bisa lebih mentransfer segala kegiatan yang memang bercanang DI ATAS DASAR KEPENTINGAN MAHASISWA. Ya di atas Ya, Tidak di ataas TIDAK! Independensi LK harus ditunjukan! Bukan hanya pada kegiatan saja, namun seluruh aspek dan bagian dari FISKOM sendiri bisa lebih diperhatikan secara menyeluruh! Sehingga antara kehangatan Mahasiswa dan Dosen bisa semakin terbina! Note: Dasar dari FISKOM adalah pancasila dan kekeluargaan sesuai dengan Mars FISIPOL (sekarang FISKOM) harus dipahami dengan benar.

    Btw, salut dengan tulisan ini. Semoga Lentera juga bisa semakin kritis terhadap kebangunan Fakultas kita, seperti halnya Grafis (Gema Suara Mahasiswa Fiskom -fisipol-) sebagai pendahulu jurnalistik fakultas.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s