Kampus

Ketua SMU : UKSW Perlu Pertahankan Idealisme

Gedung LK UKSW (Foto : Andreas Reuben).

Gedung LK UKSW (Foto : Andreas Reuben).

Semakin banyaknya jumlah Badan Pengurus Harian (BPH) organisasi intra-kampus yang beragama non-protestan akhir-akhir ini tampaknya membuat pusing pimpinan LKU. Albert Karwur, Ketua SMU 2015-2015 menjelaskan bahwa hal ini adalah kegagalan LK dalam melakukan kaderisasi.

Menurut Albert, jika ada mahasiswa non-protestan yang hendak menjadi pimpinan organisasi, UKSW harus tetap mempertahankan idealismenya. “Karena kita meletakan souvereinitas sebagai salah satu dasar dalam UKSW, maka saya pikir peraturan tersebut adalah sesuatu yang wajar,” ujar Albert.

Seperti tertulis di KUKM, pada setiap pasal yang berkaitan dengan syarat khusus pimpinan organisasi, baik LKU, LKF, HMP dan KBM, dijelaskan bahwa pimpinan organisasi harus beragama Kristen Protestan. Selain itu, pimpinan organisasi sebisa-bisanya berasal dari gereja pendukung.

Peraturan ini kemudian menjadi permasalahan bagi fakultas-fakultas kecil, atau fakultas yang memiliki mahasiswa beragama non-protestan yang jumlahnya banyak. Misalnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Biologi.

Ketua SMF Fakultas Biologi saat ini dijabat oleh Richard Dharma. Padahal Richard beragama Katholik. Sementara FKIP saat ini kesulitan mencari pimpinan HMP dan KBM karena banyak calon pimpinan potensial di FKIP beragama Islam.

Menanggapi permasalahan semacam itu, menurut Albert, LK perlu menyusun perencanaan yang memiliki jangka waktu tertentu. “Sehingga kader yang didapatkan kelak sesuai dengan yang diinginkan oleh KUKM,” jelas Albert.

Berita ditulis oleh Bima Satria Putra, Pemimpin Redaksi LPM Lentera. Mahasiswa jurnalistik 2013 Fiskom UKSW.

Penyunting : Andri Setiawan

Klik gambar untuk hubungi staf periklanan

KLIK GAMBAR UNTUK HUBUNGI STAF PERIKLANAN

Iklan

2 thoughts on “Ketua SMU : UKSW Perlu Pertahankan Idealisme

  1. Terima kasih Lentera sudah memberikan berita yang menarik seperti ini. Inilah situasi LK UKSW saat ini, bahkan sudah dari beberapa periode terakhir sebelum 2015.

    Ada sedikit ralat dari saya karena ada sedikit kesalahan redaksional, di bagian “Ketua SMF Fakultas Biologi saat ini dijabat oleh Richard Dharma” yang benar adalah ketua BPMF, mungkin akan lebih baik sebelum berita ini diterbitkan perlu untuk konfirmasi ke sumbernya secara langsung untuk menghindari kesalahan seperti ini.

    Terus semangat berkarya LPM Lentera !

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s