Kampus

Sekarang Skripsi Mahasiswa Bisa Lebih Mudah

Kanfak Fiskom (Foto: David Adhyaprawira Nonoputra).

Kanfak Fiskom (Foto: David Adhyaprawira Nonoputra).

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diadakan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti), membuka peluang bagi mahasiswa Fiskom UKSW untuk tidak lagi mengikuti skripsi. Hal ini juga berlaku untuk tulisan yang terbit di jurnal terakreditasi.

“Sebenarnya mahasiswa bisa mengambil PKM saat dia mengambil matakuliah, misalkan metodologi penelitian sekaligus mengajukan PKM Penelitian. Seandainya tulisan tersebut diterima lalu terpublikasikan, karya ini sekaligus menjadi karya skripsi mahasiswa,” ujar Daru Purnomo, Dekan Fiskom UKSW pada Jumat (6/11).

Hal ini dikarenakan masih banyaknya mahasiswa yang mandeg saat memasuki skripsi. “Tentu saja hal ini merugikan banyak pihak. Bagi mahasiswa jelas lama waktu studinya. Juga bagi orang tua yang membiayai,” ujar Daru.

Menurutnya, mahasiswa yang tidak bisa menyelesaikan masa skripsinya hingga empat setengah tahun juga merugikan pihak lembaga. “Karena harga per SKS dari awal hingga akhir mahasiswa tersebut kuliah, tetap sama,” ujar Daru.

Selain itu juga akan merugikan akreditasi fakultas. “Dalam penilaian akreditasi, apabila waktu lulus mahasiswa terlalu lama dan jumlah mahasiswanya terlalu banyak, akan dikenakan pinalti oleh Dikti. Akibatnya, nilai akreditasi dapat menurun,” ucap Daru.

“Jika terpublikasi dan dibiayai pemerintah, mahasiswa dapat skripsi tanpa harus melakukan penelitian lagi. Tinggal menjalani administrasi dan presentasi ulang hasil karya ilmiah. Otomatis nilai untuk skripsinya mendapat nilai A,” tambah Daru.

Kebijakan tersebut masih menunggu surat keputusan fakultas yang akan dikeluarkan pada akhir Desember 2015. Meskipun begitu, kegiatan PKM yang diadakan oleh Dikti sudah bisa diikuti mahasiswa Fiskom mulai semester ganjil tahun ini.

Berita ini ditulis oleh David Adhyaprawira Nonoputra, wartawan magang LPM Lentera. Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2015.

Penyunting : Andri Setiawan

Iklan Lentera 2

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s