Salatiga

Kesehatan Reproduksi Perlu Dikenalkan ke Remaja

Diskusi sehabis pemutaran film saat diselenggarakannya Dialog Muda di Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah (Foto : Pamflet).

Diskusi sehabis pemutaran film saat diselenggarakannya Dialog Muda di Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah (Foto : Pamflet).

Pamflet, organisasi pemuda di Jakarta mengadakan ‘Nonton Film & Menulis Kreatif’ di Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah (KBQT), Salatiga, Senin (9/11). Sebagai bagian dari Roadshow Film Dialog Muda 2015, Pamflet juga memutar dua film yang menyosialisasikan kesehatan reproduksi.

Salah satu film yang diputar adalah Misteri Anu Jatuh. Dari hasil diskusi Pamflet dengan peserta KBQT, ‘anu’ dalam film tersebut adalah kondom. Penggunaan kata ‘anu’ sendiri menjadi cerminan kondisi sosial-budaya Indonesia yang masih menganggap kata ‘kondom’ sebagai sesuatu yang tabu.

“Padahal seharusnya kita tida perlu takut dengan kata-kata semacam penis, vagina, dan masturbasi,” ujar Maulida Raviola, anggota Pamflet. Menurutnya, menjauhkan remaja terhadap kata-kata itu justru membatasi pengetahuan mereka terhadap kesehatan reproduksi.

Salah satu tantangan Indonesia saat ini adalah tingginya angka kelahiran seks pra-nikah dan penyebaran HIV-AIDS. Maulida berharap jika remaja mengenali fungsi dan mekanisme kerja tubuh mereka, tantangan di atas dapat diatasi.

“Namun kita kesulitan untuk memasukan Kesehatan Reproduksi ke dalam materi pelajaran ke sekolah. Belum lagi kencangnya fundamentalisme agama di Indonesia,” ujar Maulida.

Sebelum ke Salatiga, Pamflet telah mengkampanyekan isu seksualitas serta kesehatan & hak reproduksi kepada remaja di beberapa kota di Indonesia. Antara lain ke Lombok, Kupang, Banjarmasin, Bojonegoro dan Ngawi.

Berita ini ditulis oleh Bima Satria Putra, Pemimpin Redaksi LPM Lentera.

Penyunting Tamu : Arya Adikristya Nonoputra

Iklan Lentera 2

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s