Salatiga / Uncategorized

Etnomusikologi ISI: All Etno Dengan ‘Musik Tanpa Batas’

1795751_745477952263594_8508772158929939440_n

Foto : Ari Koes

Himpunan Mahasiswa Etnomusikologi Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta mengadakan acara tahunan yaitu ‘All Etno’. Kegiatan All Etno ke-12 tersebut bertema  ‘Musik Tanpa Batas’, yang bertempat di humardani yaitu areal kampus ISI Surakarta,  berlangsung Jumat – Minggu (18-20/12). All Etno #12 diisi dengan kegiatan seperti pertunjukan karya seni musik (tradisi maupun kontemporer), pameran fotografi, diskusi penulisan ilmiah serta beberapa materi lainnya.

Acara All Etno di sesuai dengan ranah ilmu mahasiswa Etnomusikologi yaitu pengkajian terhadap dunia musik, sehingga rangkaian acara tidak hanya pertunjukan saja. “Musik sangat dekat dengan mahasiswa Etno, dalam acara ini kami mencoba membuka ruang bahwa bermusik tidak selalu diartikan sebagai pertunjukan maupun komposisi, namun kegiatan lain seperti pengkajian musik, fotografi, artistik juga termasuk didalamnya,” kata Marko Fandimas sebagai ketua panitia All Etno #12.

All Etno sendiri merupakan wadah kretifitas mahasiswa Etnomusikologi dalam mengekpresikan dirinya dalam hal bermusik dan memperdalam ilmu tentang musik. “Berkonsep dari Etno untuk Etno kami menekankan bahwa acara ini dikemas untuk membantu teman-teman Etno, selain itu juga mempererat kerjasama dengan kampus lain dengan mengundang beberapa perwakilan Etno kampus lain seperti ISBI Bandung, Bhagaskara (Jogja) dll,”  tambah Marko dengan bangga sebagai mahasiswa Etnomusikologi.

Selanjutnya dia menambahkan bahwa dalam All Etno #12, mengalami beberapa perubahan yaitu dalam segi materi. “Dalam All Etno sebelumnya lebih mengarah pada pertunjukan, namun kali ini kami memperbanyak sesi mengenai diskusi materi penulisan karena Etno lebih mengarah pada pengkajian musik, salah satunya dengan diskusi tulisan ilmiah skripsi oleh senior”.  kutip Doni Kusuma sebagai salah satu panitia.

Penulis : Agus Handoko, Ilustrasi Lentera, Mahasiswa Komunikasi FISKOM

Penyunting : Arista Ayu Nanda

Foto : Ari Koes

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s