Kampus

FTI Kenalkan Desa Wisata

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, Agustina Rudiarti menyampaikan materi dalam Seminar ‘Pentingnya Pariwisata Berbasis Komunitas Terhadap Desa Wisata.’ (Foto: Yunika Arum Prajanti)

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, Agustina Rudiarti menyampaikan materi dalam Seminar ‘Pentingnya Pariwisata Berbasis Komunitas Terhadap Desa Wisata.’ (Foto: Yunika Arum Prajanti)

Kamis (14/01) lalu, Progdi Destinasi Pariwisata, FTI UKSW adakan seminar kepariwisataan. Seminar berlangsung di Auditorium FTI UKSW, dengan tema ‘Pentingnya Pariwisata Berbasis Komunitas Terhadap Desa Wisata.’ Adapun tujuan diadakannya seminar ialah untuk memperkenalkan adanya komunitas desa wisata kepada peserta. Ridho Mukti Aji dari Travellerkaskus, Ketua Pokdarwis Desa Wisata Menari, Dusun Tanon, Desa Ngrawan, Kabupaten Semarang, Sutrisno, dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, Agustina Rudiarti tampil sebagai narasumber dalam seminar tersebut.

Ketua Panita, Juan Pieter Harianto, menjelaskan, beberapa hal seperti bidang wisata serta pengembangan desa wisata dibahas dalam seminar tersebut. “Dengan diadakannya seminar ini, panitia berharap peserta mendapatkan informasi dan pengetahuan berkaitan dengan pariwisata pedesaan,” tambah Juan.

Selain itu, lanjut Juan, “desa wisata ada utungnya, kita dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar, serta meningkatkan perekonomian warga.”

Sutrisno menambahkan, “di Desa Menari itu memproduksi sabun susu, dan biogas dari kotoran sapi.”

Beberapa tempat wisata seperti Bukit Cinta, Pemandian Muncul, serta Gedong Songo juga dibahas dalam seminar tersebut. Salah satu peserta, Serli Aprita Sari mengatakan, “adanya acara ini dapat menambah pengetahuan tentang tempat pariwisata, serta memunculkan rasa ketertarikan untuk mengunjungi tempat wisata yang ada di Salatiga dan sekitarnya.”

Berita ini ditulis oleh Ruth Novita Lusiani dan Yunika Arum Prajanti, wartawan magang di LPM Lentera. Mahasiswi Fiskom UKSW angkatan 2015.

Penyunting: Galih Agus Saputra

Iklan Lentera 2

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s