Kampus

Untuk Indonesia Timur, UKSW Siapkan Fakultas Kedokteran

2

Pekerja sedang mempersiapkan adonan semen dalam pembangunan kampus UKSW di Blotongan (Foto : Bima Satria Putra).

Jumlah tenaga pelayanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi masyarakat Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Papua, dan daerah timur lainnya saat ini masih sedikit. Belum lagi sering karena minimnya obat-obatan dan daerah yang terisolir. Menanggapi hal tersebut, UKSW sedang menyiapkan Fakultas Kedokteran untuk Indonesia timur.

Sutarto Wijono, Ketua Satgas Persiapan Pendirian Fakultas Kedokteran menjelaskan bahwa sejak 1999 UKSW sudah memiliki angan-angan untuk mendirikan Fakultas Kedokteran (FK). “UKSW sudah lama berdiri dan sudah punya nama. Otomatis sudah memiliki jaringan baik nasional maupun internasional. Tetapi, wacana untuk itu belum terwujud,” tuturnya.

Sebagai universitas yang bergerak dalam kerangka pembangunan dari berbagai bidang seperti pendidikan, sosial dan kesehatan, rencana pendirian Fakultas Kedokteran merupakan bentuk penyempurnaan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK). “Konteks pelayanannya adalah pembangunan kesehatan dari daerah Indonesia timur, biar tidak tumpang tindih dengan ilmu kesehatan yang lain,” tukas Pamerdi Giri Wiloso.

Pamerdi berharap agar UKSW dapat berkerjasama dengan pemerintah daerah (red- Indonesia timur) untuk mengirimkan putra dan putri dari tiap daerah belajar kedokteran di UKSW. “Diperlukan orang-orang asli dari daerah. Nah, jika sudah selesai kuliah, nanti dapat membangun daerahnya sendiri,” paparnya dengan penuh semangat.

Sejak 2013 lalu, mulai ada titik terang bagi rencana pendirian Fakultas Kedokteran yang sempat tertunda. “Saya, bersama rekan-rekan lain berdiskusi dan sangat tertarik untuk membuat fakultas ini. Saya sempat menghadap rektor, kemudian beliau meminta saya untuk segera membentuk satgas dan menyusun proposal,” terang Sutarto.

Sampai saat ini, kelanjutan dari perencanaan tersebut sedang dalam proses pemenuhan syarat. Beberapa hal yang harus dipenuhi antara lain jumlah pengajar, dokter ahli, serta laboratorium. Selain itu perlu adanya kerja sama dengan rumah sakit yang berstatus B dan kerja sama dengan universitas yang mempunyai Fakultas Kedokteran berakreditasi A serta persyaratan lainnya yang harus segera dipenuhi akhir Febuari nanti.

Berita ini ditulis oleh Wiendy Sulistiowati, wartawan magang LPM Lentera dan Arista Ayu Nanda, Pemimpin Umum LPM Lentera.

Penyunting : Andri Setiawan & Bima Satria Putra

Iklan

One thought on “Untuk Indonesia Timur, UKSW Siapkan Fakultas Kedokteran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s