Kampus

Mahasiswa Sebagai Pencetus Ide Kreatif

Socio – DigiPreneur diadakan pada Kamis (18/4), bertempat di Aula Sinode, Salatiga.

Socio – DigiPreneur diadakan pada Kamis (18/4), bertempat di Aula Sinode, Salatiga.

Di Indonesia, dengan semakin banyaknya pengangguran dan tantangan ekonomi global, wirausaha merupakan solusi yang tepat dalam memecahkan masalah tersebut. Masyarakat dituntut untuk kreatif dan aktif dalam mengolah ide. Indonesia sendiri masih kurang dalam produksi ide, para pemuda khusunya mahasiswa dengan keahlian dan kemampuan yang mereka dapat di universitas, seharusnya lebih bisa untuk berinovasi, mengambil peluang dari keahlian yang mereka punya. Setelah lulus nanti, mahasiswa tidak harus menjadi karyawan kantor atau PNS. Tetapi diharapkan dapat menciptakan inovasi bisnis yang berguna bagi dirinya dan orang lain. Menjadi pencetus bukan pengikut, tidak mencari lapangan pekerjaan tetapi menciptakan lapangan pekerjaan.

Itulah kiranya yang disampaikan oleh Arianti Ina Restiani Hunga, pembicara dalam seminar “Socio – DigiPreneur” (18/4) bertempat di aula Sinode, Salatiga. “Mahasiswa sekarang terutama di UKSW kreatifitas dan pengembangan idenya masih kurang, lihat saja kalau mengadakan usda, yang dijual itu – itu saja,” ucap Arianti yang merupakan dosen Fiskom, UKSW. Berpemikiran kreatif dan inovatif merupakan hal yang harus dimiliki mahasiswa sebagai agen perubahan, juga dalam usahanya mahasiswa diharapkan dapat menjadi wirausahawan yang berwawasan lingkungan, mengingat dengan keadaan alam yang kian rusak dan tercemar.

Acara yang diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa Universitas dan Departemen Kewirausahaan Universitas Kristen Satya Wacana, bertujuan untuk memberikan inspirasi bagi para peserta dengan materi menghadirkan pembicara yang berpengalaman dalam bidang kewirausahaan. “Diharapkan setelah mengikuti seminar ini peserta mendapat pengetahuan yang cukup dalam bidang kewirausahaan, dan berani untuk berinovasi”, ujar Kartika selaku ketua panitia.

Liputan oleh Adi Candra wartawan magang LPM Lentera.
Penyunting: Alexio Alberto Cesar

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s