Kampus

Prodi Tekpang Kenalkan Olahan Rumput Laut

Windu Merdekawati saat memaparkan materi tentang rumput laut di hapadan peserta (Foto: Ruth Novita Lusiani).

Windu Merdekawati saat memaparkan materi tentang rumput laut di hapadan peserta (Foto: Ruth Novita).

“Masyarakat mungkin sudah tidak asing lagi apabila mendengar kata rumput laut, karena bahan pangan yang satu ini sudah cukup terkenal di Indonesia. Rumput laut, adalah bahan pangan yang kaya akan nutrisi, didalamnya juga terkandung bioaktif yang baik bagi tubuh,” kata Damar Bayu Murti, selaku pembicara dalam seminar yang diadakan Prodi Teknologi Pangan, Jumat (26/2) lalu, di G505, UKSW.

Seminar Prodi Teknologi Pangan juga menghadirkan pakar rumput laut, Windu Merdekawati. “Bahan pangan yang masih banyak populasinya di Indonesia ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin, karena bahan pangan yang satu ini memiliki nilai ekonomi yang menjanjikan,” katanya.

Sebagian besar masyarakat tahu bahwa rumput laut dapat menjadi bahan utama pembuatan agar-agar dan nori. “Padahal bahan pangan yang satu ini dapat diolah sedemikian unik, misalnya coklat berbahan rumput laut (seaweed chocodol), bakso rumput laut (seaweed meat ball). Ada juga bakmi rumput laut (seaweed noodle) dan nata rumput laut (nata de seaweed),” jelas Damar.

Seminar yang berlangsung selama dua jam ini, diadakan rutin seminggu sekali. Selain terbuka bagi dosen dan mahasiswa FIK, seminar ini juga terbuka untuk umum. “Selama ini kebanyakan peserta seminar hanya dari kami (mahasiswa FIK –red) sendiri, atau beberapa relasi dari luar seperti Magister Biologi,” kata salah satu peserta, Marthina Meylani Seilatuw.

Berita ini ditulis oleh Ruth Novita, wartawan magang LPM Lentera.

Penyunting : Galih Agus Saputra

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s