Salatiga

Erik : ASU Lingkungan Bukan untuk Kepentingan Politik

Sejumlah pegiat lingkungan hidup yang tergabung dalam Aksi Seni Untuk Lingkungan (ASU Lingkungan) #2 mengangkut bambu untuk bahan pembuatan instalasi (Foto: Dok. Asu Lingkungan).

Sejumlah pegiat lingkungan hidup yang tergabung dalam Aksi Seni Untuk Lingkungan (ASU Lingkungan) #2 mengangkut bambu untuk bahan pembuatan instalasi (Foto: Dok. Asu Lingkungan).

Sejumlah pegiat lingkungan hidup yang tergabung dalam Aksi Seni Untuk Lingkungan (ASU Lingkungan) #2 hadiri audiensi yang diadakan Kepala Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Kota Salatiga, Prasetiyo Ichtiarto, di Kantor Lingkungan Hidup, pada Selasa (1/3) lalu.

Erik Darmawan, Kordinator Asu Lingkungan menegaskan bahwa ia tidak ingin ASU Lingkungan ditunggangi kepentingan politik. “Karena acara ini terbentuk secara kolektif, dana pun kami dapatkan dari donasi anggota dan dari hasil pengumpulan barang-barang bekas yang didaur ulang,” imbuhnya.

Dalam pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih satu setengah jam itu, dibahas soal perijinan tempat. Taman Kota Bendosari adalah tempat yang rencananya hendak dipakai menjadi tempat berlangsungnya acara pada 23-24 April 2016 mendatang. Selain itu konsep acara tersebut juga dipresentasikan.

“Nantinya, ASU Lingkungan akan diisi dengan acara seperti pertunjukan musik, teater, seminar, lokakarya daur ulang limbah dan lain-lain. Selain itu, karena acara ini diselenggarakan bertepatan dengan hari bumi pada 22 April, kami juga akan mengadakan diskusi soal darurat agraria yang sedang kita alami saat ini,” jelas Erik.

Menurut Erik, Kepala Dinas Lingkungan Hidup menyambut positif kedatangan mereka. “Aku rasa karena itu memang bidang mereka dalam mengkampanyekan isu lingkungan, terlebih lagi dengan konsep Bank Sampah yang akan kami rilis di acara nanti,” ujar Erik.

Erik juga mengatakan Asu Lingkungan #2 diselengarakan untuk memfasilitasi para pegiat lingkungan yang biasa menyuarakan kepedulian mereka melalui pendekatan seni dan budaya. Saat ini ia dan kawan-kawannya sedang menyiapkan instalasi dan berbagai macam ornamen yang hendak dipamerkan di Asu Lingkungan #2. Kini, beberapa organisasi yang telah bergabung dan mendukung acara tersebut antara lain; Greenpeace Indonesia, Mongabay, Salatiga Peduli, Salatiga Reggae United (Saru), Akar Rumput, LPM Lentera, Mahesapala, Teater Posma, Sengkuyung Art dan masih banyak lagi.

Berita ini ditulis oleh Galih Agus Saputra, staf Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) LPM Lentera. Mahasiswa Komunikasi-Jurnalistik, Fiskom angkatan 2014.

Penyunting: Bima Satria Putra

Dari Redaksi : Teater Posma yang benar adalah Teater Postma

Iklan

2 thoughts on “Erik : ASU Lingkungan Bukan untuk Kepentingan Politik

  1. Ping-balik: ASU Lingkungan Terima Donasi dan Bukan Sponsorsip | Lentera

  2. Ping-balik: ASU Lingkungan Persoalkan Poster Artmosphere | Lentera

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s