Kampus

Dekan Tolak Bertemu, Mahasiswa Fiskom Aksi Damai

Kelompok Mawar menggelar spanduk tuntutan (Foto: Daniel/SA).

Kelompok Mawar menggelar spanduk tuntutan (Foto: Daniel/SA).

Kamis (26/5) pagi, puluhan mahasiswa Fiskom yang tergabung dalam Kelompok Mawar menggelar spanduk tuntutan di depan Kanfak Fiskom. Spanduk berisikan tiga tuntutan mahasiswa Fiskom, diantaranya penghentian komersialisasi fasilitas mahasiswa Fiskom, penyediaan ruang bagi organisasi mahasiswa Fiskom di lantai dua Gedung J, serta pelibatan LK Fiskom dalam pengambilan keputusan-keputusan fakultas. (Baca juga : Mahasiswa Fiskom Tuntut Hentikan Komersialisasi Fasilitas).

Kelompok Mawar melakukan aksi tersebut untuk menyikapi pernyataan Daru Purnomo, Dekan Fiskom yang mengatakan tidak mau bertemu untuk audiensi karena Kelompok Mawar tidak masuk dalam struktur. Selain menolak bertemu, Daru juga mempertanyakan mengapa petisi yang dibuat oleh Kelompok Mawar sebelumnya, ditujukan kepadanya, bukan fakultas. Namun Bryan Perdana, anggota Kelompok Mawar, menjelaskan bahwa dekan merupakan representasi fakultas dan mewakili sivitas Fiskom. “Jadi sudah sewajarnya petisi tersebut ditujukan kepadanya,” ujar Bryan yang juga Ketua Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom) ini.

Seorang mahasiswa Fiskom menunjukan poster tuntutan (Foto: Daniel/SA).

Seorang mahasiswa Fiskom menunjukan poster tuntutan (Foto: Daniel/SA).

Sebelumnya, Senin (23/5), melalui Komisi D BPM Fiskom, Daru Purnomo mengatakan bahwa penyampaian aspirasi harus melalui LK. Padahal, Kelompok Mawar sudah pernah meminta bantuan BPMF untuk mengadvokasi suara mahasiswa. Selain itu, Kelompok Mawar juga telah meminta bantuan melobi dekan untuk melakukan audiensi. Namun keduanya tidak membuahkan hasil.

Arya Adikristya, salah satu anggota Kelompok Mawar mengatakan, “Tidak masuk akal. Fakultas tidak mengamalkan apa yang ada dalam KUKM perihal hak mahasiswa untuk memperoleh fasilitas. Padahal kami juga sudah menyalurkan usul-usul melalui BPMF.” Arya juga menambahkan jika dekan tidak mau bertemu, bagaimana mahasiswa mau menyampaikan aspirasinya.

Rencana penyampaian aspirasi gagal karena dekan sedang pergi kunjungan kerja ke luar kota. Oleh karena itu, perwakilan Kelompok Mawar mendatangi Koorbidkem Fiskom, Elly Esra Kudubun. Elly mengapresiasi inisiatif mahasiswa untuk mengajukan saran-saran yang membangun kepada fakultas. “Nanti akan saya sampaikan ke dekan, semoga dia memberikan tanggapan yang positif,” ujar Elly.

Beri Rekomendasi

Selain pemasangan spanduk, Kelompok Mawar juga mengumpulkan tanda tangan dan membuat Lembar Rekomendasi Kebijakan (LRK) yang berisikan pertimbangan-pertimbangan tuntutan Kelompok Mawar. Dalam LRK tersebut terdapat komparasi sistem sewa fasilitas di Fakultas Pertanian dan Bisnis (FPB) dan Fiskom. Dari hasil wawancara dan pengamatan, Kelompok Mawar mendapati bahwa sistem yang diterapkan oleh FPB jauh lebih murah dan mudah prosesnya bagi mahasiswa.

Pengumpulan tanda tangan menolak komersialisasi fasilitas mahasiswa (Foto: Daniel/SA).

Pengumpulan tanda tangan menolak komersialisasi fasilitas mahasiswa (Foto: Daniel/SA).

Mengenai ruangan untuk organisasi mahasiswa, Kelompok Mawar mencoba membandingkan pelayanan Fiskom dan FEB. Organisasi mahasiswa di FEB sudah mendapat ruang masing-masing dan mendapat anggaran yang melimpah. Sedangkan di Fiskom, hanya LK yang mendapat ruang, sementara Himpunan Mahasiswa serta KBM Fiskom tidak mendapat ruang sama sekali. Rencananya LRK tersebut akan disebarkan ke LK, pihak dekanat dan juga rektorat. (Baca juga : Silang Pendapat Fasilitas Berbayar).

Laporan ini ditulis oleh Andri Setiawan, staf penelitian LPM Lentera.

Penyunting: Bima Satria Putra

Iklan

One thought on “Dekan Tolak Bertemu, Mahasiswa Fiskom Aksi Damai

  1. Ping-balik: KBM Fiskom Tak Dapat Ruang, Dekan Minta Maaf | Lentera

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s