Salatiga

Pasar Rejosari Mulai Dibongkar

Pekerja tampak sedang beristirahat (Foto: David Adhyaprawira).

Pekerja tampak sedang beristirahat (Foto: David Adhyaprawira).

Pembongkaran Pasar Rejosari atau yang biasa disebut masyarakat sebagai Pasar Sapi sudah dimulai sejak Selasa (30/8). Ahmad Saifudin, pengawas pembongkaran Pasar Rejosari ini menjelaskan bahwa mereka mendapatkan tenggat waktu satu setengah bulan untuk pembongkaran. “Kami berkerja selama tujuh jam. Mulai dari pukul delapan pagi hingga pukul empat sore,” ujarnya.

Saat ini, toko dan pasar tradisional bagian dalam sudah dihancurkan. Sementara rumah toko yang berada di pinggir jalan masih belum selesai dibongkar. Setelah pembongkaran selesai, proses pembangunan tahap awal akan diserahkan kembali kepada PT Patra Berkah Itqoni (PT PBPI), pemenang tender revitalisasi Pasar Rejosari.

Pedagang yang dulu menempati Pasar Rejosari sudah direlokasi ke pasar sementara. Ketika pembangunan sudah selesai, pedagang akan ditempatkan kembali di pasar yang baru yang akan dikelola oleh PT BPI. Sedangkan pasar sementara akan diubah menjadi lahan parkir.

Pedagang Pernah Protes

Deretan rumah toko di Pasar Rejosari tampak masih bertahan (Foto: David Adhyaprawira).

Deretan rumah toko di Pasar Rejosari tampak masih bertahan (Foto: David Adhyaprawira).

Ketika rencana pembangunan pasar baru disosialisasikan, pedagang pasar pernah menolak relokasi. Mereka menolak direlokasi karena mereka menganggap bahwa tempat yang disediakan terpencil dan sepi pembeli. (Lebih lanjut baca : Pedagang Pasar Rejosari Akhirnya Pindah).

Selain itu, harga yang dipatok untuk pedagang berjualan dirasakan terlalu mahal. Pada awalnya, tempat yang disediakan dihargai Rp 12 juta per m2. Setelah beberapa kali aksi protes dan lobi, harga yang disepakati antara pemenang lelang, Pemerintah Kota Salatiga dan pedagang Pasar Rejosari adalah Rp 6 juta per m2.

Berita ini ditulis oleh Bima Satria Putrajurnalis Lembaga Pers Mahasiswa Lentera.

Penyunting : Andri Setiawan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s