Kampus

Pemandu Karaoke Tidak Sama dengan PSK

Moammar Emka ketika memaparkan hasil liputannya tentang prostitusi di Jakarta (Foto : Gerry Junus).

Masyarakat pada umumnya memandang Pemandu Karaoke (PK) seringkali disamakan dengan PSK. Pandangan ini akhirnya berdampak terhadap stereotip perempuan pekerja PK. Hal ini yang menjadi latar belakang diselenggarakannya variety show “Tidak Sama Dengan” oleh Rubik Manajemen pada Kamis, (24/11) di Hotel Grand Wahid Salatiga. Tujuan diadakannya acara ini ialah untuk menyadarkan anak muda Salatiga bahwa pekerjaan pemandu karaoke tidak sama dengan PSK.

Acara ini dihadiri oleh Moammar Emka, penulis buku Jakarta Undercover yang menceritakan aktivitas prostitusi di Jakarta. “Di kota-kota besar hampir 70% yang menjadi LC (Lady-Companion -red) dia bersedia untuk open-booking,” ujar Emka ketika memaparkan hasil liputannya. Di Jakarta, praktik prostitusi sudah jarang dikemas dalam bentuk karaoke. Emka menjelaskan bahwa bentuk prostitusi sudah mengalami perubahan. “Aktivitas seks komersial sudah tidak seperti dulu lagi, sekarang semakin beragam ‘menu’nya,” tambah Emka.

Berbeda dengan di kota besar, prostitusi di Salatiga masih berselubung di tempat-tempat karaoke. Dosen Fiskom UKSW Sih Natalia Sukmi mengatakan bahwa PK memiliki citra seorang PSK karena adanya stereotip terhadap pekerjaan itu. “Kehidupan di tempat karaoke dimulai ketika malam hari, banyak orang berpikir bahwa mereka terkait dengan prostitusi,” ucapnya. Dia menambahkan bahwa stereotip terhadap pemandu karaoke ini sangat merugikan perempuan.

Rubik Manajemen, kelompok mahasiswa penyelenggara variety show ini, adalah kelompok tugas untuk mata kuliah Manajemen Pertunjukan. Acara ini dimeriahkan oleh penampilan Stand Up Comedy dari Wira Nagara dan penampilan Dona, seorang pemandu karaoke yang pernah memenangkan lomba karaoke tingkat nasional.

Berita ini ditulis oleh Gerry Junus, wartawan magang LPM Lentera.

Penyunting : Bima Satria Putra

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s