Kampus

Ulang Tahun Yubelium Satya Wacana

Penandatanganan peresmian beberapa fasilitas baru pada upacara Dies Natalis ke-60 UKSW (dok. uksw.edu).

Penandatanganan peresmian beberapa fasilitas baru pada upacara Dies Natalis ke-60 UKSW (dok. uksw.edu).

Tahun 2016 ini, UKSW memasuki usianya yang ke-60 atau Tahun Yobel. Tahun Yobel atau Yubelium adalah tahun pembebasan, tahun rahmat Tuhan bagi seluruh ciptaannya. “Aku Akan Membuat Engkau Besar dan Menjadi Berkat” adalah tema dalam Dies Natalis UKSW tahun ini mengacu pada Kitab Kejadian Bab 12 Ayat 2.

Rabu (30/11), ratusan orang dengan dresscode batik mengantri untuk memasuki Balairung Utama (BU) UKSW. Perayaan upacara Dies Natalis ke-60 UKSW digelar. Acara ini dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Pejabat Walikota Salatiga, Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Satya Wacana (YPTKSW), Pimpinan Universitas dan Senator, dosen, pegawai dan mahasiswa.

Rektor John Titaley menceritakan kisah perjalanan UKSW selama 60 tahun. John juga mengucapkan rasa terimakasihnya kepada tokoh-tokoh masyarakat, tokoh-tokoh agama dan masyarakat Salatiga yang selama ini dapat menerima UKSW sebagai bagian dari Salatiga. “Mudah-mudahan dalam kesetiannya kepada Firman, Satya Wacana telah bertindak dengan benar di hadapan Tuhannya,” ucap John dalam sambutannya.

Pada Dies Natalis kali ini, UKSW juga meresmikan Gedung Fakultas Teknologi Informasi (FTI) di Blotongan, Gedung Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) dan Gedung BU yang baru selesai direnovasi. Prasasti peresmian Gedung FTI dan FBS ditandatangani oleh oleh Gubernur Jawa Tengah didampingi oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga Achmad Rofai, Ketua DPRD Kota Salatiga Teddy Sulistio, Ketua Pembina YPTKSW Pdt. Tjondro F. Gardjito dan Rektor John Titaley. Dalam kesempatan yang sama, juga diresmikan Jalan Notohamidjojo di Kampus FTI dan Auditorium Ds. S. Djojodiharjo di Gedung FTI.

Ganjar Pranowo dalam kesempatannya, menyampaikan bahwa perguruan tinggi hendaknya terus melakukan riset-riset aplikatif dan mengoptimalkan pengabdian masyarakat. Salah satu hal yang ia soroti adalah soal birokrasi. Ganjar berharap perguruan tinggi dan masyarakat dapat berperan untuk turut memperbaiki birokrasi di Jawa Tengah. “Bagi bapak atau ibu sekalian yang hadir di sini dan mengetahui tentang pegawai pemerintah yang melakukan tindak korupsi segera laporkan kepada saya, besok pagi langsung saya pecat!,” tegas Ganjar. Di akhir sambutannya Ganjar juga menyertakan akun instagramnya @ganjarpranowo untuk menampung keluhan-keluhan masyarakat.

Berita ini ditulis oleh Ruth Novita, wartawan LPM Lentera.

Penyunting: Andri Setiawan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s