Salatiga

Salatiga Science Park akan Jadi Ikon

Desain Salatiga Science Park (Dok. Biro Inovasi dan Riset UKSW).

Desain Salatiga Science Park (Dok. Biro Inovasi Riset UKSW).

Rencana pembangunan Salatiga Science Park (SSP) yang merupakan kerjasama dari Pemkot Salatiga dan UKSW masih dalam tahap studi kelayakan awal. Persiapan proposal masih 70% dan menunggu keputusan dari Kemenrisetdikti.

“Terdapat tiga daerah yang diusulkam untuk pembangunan SSP, yaitu Taman Wisata Bugel, Taman Kota Salatiga Bendosari dan Sport Center Pulutan. UKSW memilih Taman Wisata Bugel,” ujar Sri Sulandjari Kepala Biro Inovasi Riset (BIR) UKSW, Selasa (25/10).

Taman Wisata Bugel dipilih karena memiliki tekstur tanah yang layak, luas lahan mencukupi serta tempat yang strategis. Sedangkan, pihak Pemkot lebih memilih Taman Kota Salatiga Bendosari. Pemkot menginginkan SSP menjadi ikon Kota Salatiga.

Rencananya, SSP akan memiliki laboratorium kebun, laboratorium peternakan, bengkel pengolahan pangan dan showroom penjualan hasil pangan. Terdapat pula planetarium dan observatorium sebagai wisata edukasi. Selain itu, terdapat fasilitas tambahan seperti perbankan dan koperasi.

Sri menambahkan, dalam perkembangan pembangunan Salatiga Science Park mengalami kendala seperti kesepakatan bersama antara pemerintah daerah dan pihak UKSW. Sejauh ini belum ada kepastian kapan pembangunan Sains Tekhno Park akan dilaksanakan.

Berita ini ditulis oleh Yunika Arum Prajanti, wartawan LPM Lentera, mahasiswa Periklanan, Fiskom UKSW.

Penyunting: Andri Setiawan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s