Kampus

Akuntansi Forensik “Belajar Menghitung Kerugian Negara”

img_3837

Talkshow Passion di Balairung UKSW (foto: Putri Yuniarti)

“Akuntansi forensik bisa kalian pelajari dengan menghitung kerugian negara” ujar Theodorus saat berbicara dalam National Seminar Accounting (Nassa) 2017 (22/2). Acara yang diselenggarakan oleh Kelompok Studi Akuntansi FEB UKSW ini bertujuan untuk memberikan bekal mahasiswa ekonomi yang ingin mendalami forensik audit investigation karena materi ini tidak ada dalam mata kuliah umum.

Drs. Theodorus M. Tuanakotta, M.BA salah satu pembicara dalam acara ini menyampaikan beberapa kiat yang perlu dilakukan untuk dapat memperdalam pengetahuan tentang definisi akuntansi forensik diantaranya, webster dictionary (mencari forensik), disiplin ilmu (akuntansi) serta definisi akuntansi forensik dari D. Larry Crumbley seperti dalam ACFE (Association of Certified Fraud Examiners). Dalam definisi akuntansi secara berkelanjutan akan diperoleh definisi dalam dan definisi luar pengadilan, kemudian sektor publik dan swasta.

Setelah mengetahui definisi dasar, selanjutnya peserta diajak untuk mengetahui expectation gap (audit) yaitu arah yang akan difokuskan agar ilmu yang dijalankan mempunyai kepastian yang wajar. Theodorus juga mengatakan bahwa tidak boleh ada kesalahan saji dalam laporan hasil audit.

PCAOB (Perusahaan Publik Akuntansi Dewan Pengawas) merupakan petugas yang mengawasi dan mengatur kedisiplinan kantor-kantor akuntansi dalam peran sebagai auditor perusahan publik. Sehingga sebagai audit profesional menurut Theo seharusnya memang diajarkan untuk membuat kerapian dokumen agar perusahan dan dirinya tak tersangkut masalah yang berkaitan dengan bukti dari audit.

Seminar tersebut diikuti oleh 307 mahasiswa ekonomi UKSW yang mayoritas pesertanya adalah angkatan 2015 dan 2016. Seminar ini juga mengundang Randy Rizki yang merupakan seorang Certified Fraud Examiner (CFE) untuk berbicara mengenai Auditor : Penasihat Strategis Pengolahan Resiko Kecurangan.

Berita ini ditulis oleh Putri Yuniarti, Wartawan LPM Lentera. Mahasiswa Ilmu Komunikasi-Jurnalistik UKSW, angkatan 2015.

Penyunting: Eka Putri Esterina Rasi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s